Peringati Hari Jadi, Pj Gubernur Jatim Ziarah ke Makam Gubernur Soerjo di Magetan

Beritatrends, Magetan – Pj Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono, memimpin ziarah dan prosesi tabur bunga di makam Raden Mas Tumenggung (RMT) Ario Soerjo, atau dikenal dengan Gubernur Suryo, yang berada di komplek pemakaman Jalan Salak Kabupaten Magetan, Rabu (02/10/2024).

Ziarah ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Jadi ke-79 Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang juga bersamaan dengan Hari Jadi ke-349 Kabupaten Magetan.

Acara tersebut dimulai dengan pembacaan sejarah singkat mengenai perjuangan Gubernur Soerjo selama masa kepemimpinannya pada tahun 1945 hingga 1948.

Bersama jajaran penting lainnya, seperti anggota DPRD Jatim, Pj Sekdaprov Jatim, Pj Bupati Magetan, Forkopimda Kabupaten Magetan, dan sejumlah Kepala Perangkat Daerah Pemprov Jatim, upacara berlangsung khidmat.

Pj Gubernur Adhy Karyono menekankan pentingnya mengenang jasa-jasa para tokoh yang telah membangun pondasi pemerintahan di Jawa Timur.

“Kita melakukan ziarah pada orang yang sangat berjasa di Jawa Timur dan statusnya sebagai pahlawan nasional. Intinya dalam rangkaian peringatan hari jadi kita harus mengingat siapa yang paling berjasa dalam meletakkan dasar pemerintahan, tentunya adalah Gubernur Soerjo,” ujarnya.

Lebih lanjut, Adhy Karyono mengajak masyarakat Jawa Timur untuk terus mengenang perjuangan para pahlawan nasional yang telah membangun bangsa, khususnya Gubernur Soerjo.

“Kami mengajak seluruh masyarakat agar senantiasa ingat pada tokoh-tokoh pahlawan nasional yang berjuang membangun negara kita, termasuk Gubernur Soerjo yang pengorbanannya tak bisa diukur dengan materi,” tambahnya.

Sebagai bagian dari kegiatan sosial dalam rangkaian ziarah, Adhy Karyono juga menyerahkan bingkisan dan tali asih kepada ahli waris keluarga Gubernur Soerjo. Tak hanya itu, ia juga memberikan santunan kepada anak yatim dan bantuan sembako kepada keluarga kurang mampu.

Baca Juga  Ratusan masyarakat yang tergabung dalam Aliansi peduli Demokrasi pesawaran geruduk kantor Bawaslu dan KPU Pesawaran

Setelah itu, Adhy Karyono menyempatkan diri meninjau sirkuit balap di Parang, lalu melanjutkan perjalanannya ke Kabupaten Sampang untuk berziarah ke makam Gubernur M. Noer.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *