Direktur Utama Perumdam Tirta Dharma Purabaya Madiun Irmansyah Novianto
BeritaTrends, Madiun – Perumdam Tirta Dharma Purabaya Kabupaten Madiun terus berbenah dan berinovasi untuk memperkuat pelayanan publik pemenuhan air bersih bagi warga Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Inovasi itu dilakukan dengan program digitalisasi hingga pemasaran produk air minum dalam kemasan (AMDK) Yoiki.
Direktur Utama Perumdam Tirta Dharma Purabaya Madiun Irmansyah Novianto mengatakan,jajaranya akan terus meluncurkan berbagai program strategis untuk meningkatkan pelayanan publik. Tak hanya pada penyediaan bersih, PDAM Kabupaten Madiun juga meningkatan pemasaran air minum dalam kemasan (AMDK) Yoiki.
“Selain fokus pada penyediaan air bersih, PDAM Kabupaten Madiun juga melakukan transformasi pada produksi air minum dalam kemasan (AMDK) Yoiki. Saat ini kinerja perusahaan sudah bagus, namun perbaikan harus terbuka lebar,” kata Irwansyah, Kamis (2/10/2025).
Menurut Irwansyah menambahkan, produk AMDK Yoiki yang diluncurkan sejak Desember 2021 kini menjadi sumber PAD baru. Produksi rata-rata perhari saat ini mencapai 700 karton gelas, 300 karton botol, dan 200 galon per hari. “Jangkauan pemasaran kami sudah mencapai wilayah Madiun Raya,” kata Irwansyah.
Selain itu YOIKI, lanjut Irwansyah, PDAM Kabupaten Madiun memiliki program unggulan lain seperti Purabaya bebas bocor untuk mempercepat perbaikan jaringan pipa, kemudian Lapor Cepat, Respon Tepat mengaktifkan kanal pengaduan digital.
“Inovasi terus digulirkan melalui berbagai program pelayanan. Kanal pembayaran online tersedia melalui PPOB dan marketplace (Alfamart, Indomaret, Bukalapak, dan sebagainya). Program Bayar Tepat Air Lancar digagas untuk mempermudah pembayaran sekaligus menekan tunggakan,”tutur Irwansyah.
Terkait penghargaan dari sebuah media beberapa waktu lalu dengan kategori publik sektor, Irwansyah mengaku capaian itu didapatkan buah dari kerja keras, dedikasi, dan semangat luar biasa dari setiap insan Perumda Air Minum Tirta Dharma Purabaya.
“Dari petugas lapangan hingga staf administrasi, Dari teknisi hingga tim pelayanan pelanggan, Dari manajemen hingga operator harian. Setiap kontribusi adalah bagian penting dari keberhasilan ini,”ungkap Irwansyah.
Ia menyampaikan apresiasi kepada Bupati Madiun, Hari Wuryanto dan jajaran dewan pengawas atas bimbingan dan arahan sehingga meraih prestasi dan penghargaan dalam sektor pelayanan publik.
“Kami sampaikan terima kasih atas arahan dan bimbingan Bapak Bupati selaku KPM juga kepada jajaran Dewan Pengawas di Perumdam Tirta Dharma Purabaya. Tanpa sinergi yang harmonis, mustahil prestasi ini dapat kita raih. Prestasi ini adalah bukti bahwa kerja tim, komitmen, dan semangat melayani mampu membawa kita ke puncak,”demikian Irwansyah.