Pj. Bupati Pringsewu Bersama Direktur Buah Dari Kementerian Pertanian Berkomitmen Mencanangkan Kabupaten Pringsewu Sebagai Kabupaten Anggur Pertama Di Indonesia

Beritatrends, Pringsewu – Penjabat Bupati Pringsewu, DR. Marindo Kurniawan, ST., MM., menghadiri Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Budidaya Anggur yang diadakan bersama Direktur Buah dan Florikultura Kementerian Pertanian, Dr. Liferdi. Dalam acara ini, Marindo menyatakan komitmennya untuk menjadikan Kabupaten Pringsewu sebagai Kabupaten Anggur pertama di Indonesia.Kamis(24/10/2024).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh berbagai pejabat, termasuk Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Pringsewu, Masykur Hasan, Inspektur Kabupaten Pringsewu, Andi Purwanto, serta kepala dinas terkait. Marindo menjelaskan bahwa meskipun Kabupaten Pringsewu memiliki ketersediaan lahan yang luas untuk budidaya anggur, pemanfaatannya saat ini masih belum optimal. Data dari DPD ASPAI mencatat populasi tanaman anggur di Pringsewu sebanyak 5.309 batang yang tersebar di beberapa kecamatan.

“Luasan lahan budidaya anggur baru mencapai 6,54 hektar, dengan sebagian besar berada di Kecamatan Ambarawa. Hal ini menunjukkan potensi besar yang masih dapat dikembangkan,” ungkapnya.

Marindo juga menyoroti bahwa buah anggur merupakan komoditas sub tropis yang semakin populer di Indonesia. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), produksi anggur di Indonesia pada tahun 2023 mencapai 13.405 ton, namun masih belum mencukupi kebutuhan masyarakat, sehingga masih bergantung pada impor.

“Ini adalah peluang besar bagi masyarakat kita untuk terlibat dalam budidaya anggur. Budidaya ini tidak memerlukan lahan yang luas, bahkan bisa dilakukan di pekarangan rumah,” jelasnya.

Marindo berharap melalui pembinaan dari Pemerintah Kabupaten dan Dinas Pertanian, minat masyarakat untuk membudidayakan anggur akan semakin meningkat. Ia optimis bahwa dengan perkembangan ini, Kabupaten Pringsewu bisa dikenal sebagai Pekon Anggur dan menjadi daya tarik wisata di Bumi Jejama Secancanan.

“Dukungan dari pemerintah pusat, provinsi, dan semua stakeholder sangat dibutuhkan agar cita-cita ini dapat terwujud,” tutup Marindo.

Baca Juga  Milad dan Wisuda YP Islam Almuhsinin Rimba Melintang

Kegiatan ini diharapkan dapat mendorong pertumbuhan sektor pertanian dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Pringsewu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *