Rutan Kelas IIB Magetan Laksanakan Upacara dan Tasyakuran Peringati Puncak Hari Pengayoman ke-79

saat upacara peringatan hari pengayoman ke-79 di lapangan rutan magetan

Beritatrends, Magetan – Ditahun 2024 Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kementerian Hukum dan HAM memiliki makna yang istimewa, pasalnya ditahun ini untuk pertama kalinya Kemenkumham memperingati Hari Pengayoman yang menggantikan Perayaan Hari Dharna Karya Dhika (HDKD)

Tentunya dalam momentum HUT kali ini menandai sebuah era baru, semangat pengayoman menjadi pusat dari dedikasi untuk selalu hadir, semakin dipercaya, dan berkualitas dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Sebagai puncak peringatan Hari Pengayoman ke-79, Rutan Kelas IIB Magetan Kanwil Kemenkumkam Jawa Timyr menggelar giat Upacara di Lapangan Rutan Kelas IIB Magetan, yang diikuti oleh Pegawai, CASN, dan Warga Binaan Pemasyarakatan Rutan Kelas IIB Magetan, Jawa Timur, Senin (19/08/2024) pagi.

“Kementerian Hukum dan HAM Mengabdi untuk Negeri, Menuju Indonesia Emas 2045” merupakan tema dari peringatan Hari Pengayoman ke-79 ditahun 2024.

Rangkaian upacara diawali dengan Penghormatan kepada Pataka Pengayoman, Pembacaan Sejarah Singkat Kemenkumham, Pengibaran Sang Merah Putih, Pembacaan Amanat, hingga diperdengarkan Mars Kemenkumham.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Kasubsi Pelayanan Tahanan Rudi Erwanto membacakan sambutan Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna H. Laoly. Menkumham menegaskan terkait Visi menuju Indonesia Emas 2024 khususnya di bidang Hukum dan Hak Asasi Manusia.

“Kita harus terus berupaya untuk memperkuat sistem hukum yang lebih responsif, transparan, dan akuntabel. Kita akan melakukan pembaruan regulasi yang relevan, serta meningkatkan akses masyarakat terhadap keadilan, agar tidak ada lagi suara-suara yang terpinggirkan,” ucap Kasubsi Yantah saat membacakan amanat Menkumham.

Lebih lanjut, Kemenkumham berkomitmen untuk menciptakan ruang dialog yang konstruktif antara pemerintah, masyarakat sipil, dan pemangku kepentingan lainnya. Kolaborasi ini sangat penting untuk menciptakan kebijakan yang inklusif dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.

Baca Juga  Diduga Kecelakaan Akibat Jalan berlubang Ibu-ibu Alami Kecelakaan Tunggal Didepan Kantor KPU Area Pemda Pesawaran

Selain itu, Menkumham juga berpesan kepada ASN Kementerian Hukum dan HAM untuk menanamkan prinsip-prinsip dasar dalam menjalankan tugas, yaitu integritas, profesionalisme, dan sikap melayani.

“Setiap tindakan yang kita lakukan harus berlandaskan pada kepentingan masyarakat. Sebagai insan pengayoman harus mampu menjadi teladan dalam menjalankan amanah ini, mengedepankan kepentingan publik di atas kepentingan pribadi atau golongan. Ingatlah, bahwa setiap tindakan dan keputusan kita, berkontribusi dalam membangun citra Kemenkumhan di mata publik,” pesan Menkumham dalam amanat yang dibacakan Kasubsi Yantah.

Menkumham juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran atas kerja keras dan pengabdiannya selama 79 tahun Kemenkumham.

“Saya ucapkan terima kasih yang tulus kepada seluruh keluarga besar Kemenkumham atas kerja keras dan dedikasi yang luar biasa selama membersamai saya dalam melaksanakan tugas di Kemenkumham. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan insan pengayoman kekuatan untuk menjaga integritas dan profesionalisme agar Kemenkumham semakin baik, tangguh dan terdepan. Selamat hari Pengayoman,” tutup Menkumham.

Sebagai informasi, dalam puncak peringatan kali ini Kepala Rutan Magetan, Eries Sugianto menghadiri undangan Kanwil Kemenkumham Jawa Timur untuk melaksanakan Upacara dan Tasyakuran Peringatan Hari Pengayoman di Tugu Pahlawan Surabaya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *