Wujudkan Masyarakat Cakap Digital, Pemkab Ponorogo Gelar TalkShow Literasi Digital dan Pesta Rakyat

Beritatrends, Ponorogo – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ponorogo sukses mengadakan acara Talk Show Literasi Digital dan Pesta Rakyat bertempat di panggung utama alun-alun Ponorogo, Sabtu (14/9/2024).

Acara ini merupakan bagian dari program Makin Cakap Digital yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI, dengan tujuan meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat tentang literasi digital.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko, hadir sebagai Keynote Speaker. Ia menyampaikan pentingnya literasi digital di tengah pesatnya perkembangan teknologi. “Narasumber telah menyampaikan banyak hal, jadi ayo mari bersama-sama sinau digital. Masyarakat semakin cakap digital di tengah perkembangan teknologi yang semakin global,” ujarnya. Bupati juga mengingatkan pentingnya menjaga moralitas, adab, dan tata krama dalam berinteraksi di dunia digital.

“Khususnya untuk selalu menjaga data pribadi yang saat ini selalu terkoneksi dengan handphone dan internet,” tambah Sugiri.

Acara ini menghadirkan sejumlah pemateri berkompeten, di antaranya Sapto Djatmiko (Kepala Diskominfo Ponorogo), Ari Utami, Iptu Yayun Sri Winingrum, Satria Putra Negara, Khotibul Umam, Ian Manan, Moch Ismanu Roziqi, dan Mei Santi. Para narasumber memberikan berbagai wawasan terkait keamanan siber, perlindungan data pribadi, dan etika berinteraksi di dunia maya.

Sapto Djatmiko, dalam paparannya, menekankan pentingnya perlindungan data pribadi, terutama di era digital saat ini. “Sekarang ini banyak serangan siber, baik itu peretasan, stalking, hingga bullying yang berimbas pada maraknya penipuan,” jelasnya. Ia mengingatkan agar masyarakat lebih berhati-hati dalam memposting atau membagikan data pribadi di media sosial dan platform lainnya.

“Kejahatan tak hanya di dunia nyata, namun sekarang ini kejahatan bisa terjadi di dunia maya, terutama kasus penipuan,” lanjutnya. Sapto juga mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap tawaran-tawaran dari nomor asing atau pesan berisi tautan mencurigakan yang dikirim melalui aplikasi perpesanan seperti WhatsApp.

Baca Juga  Jelang Bulan Muharram, Waka Polres Magetan Hadiri Rakor Pencegahan Konflik Sosial dan Kewaspadaan

Sebagai bentuk hiburan, acara ini juga dimeriahkan oleh penampilan penyanyi kondang Yeni Inka, yang menjadi bintang tamu dalam Pesta Rakyat. Ribuan warga Ponorogo yang hadir tampak antusias mengikuti rangkaian acara tersebut, baik dalam sesi edukasi maupun hiburan.

Acara Talk Show Literasi Digital dan Pesta Rakyat ini merupakan bagian dari upaya Pemkab Ponorogo untuk membangun masyarakat yang lebih melek digital, cakap dalam menggunakan teknologi, dan bijak dalam menjaga keamanan di dunia maya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *