184 Mahasiswa Baru Universitas Terbuka Landak Ikuti OSMB , Kapolres Sampaikan Kuliah Umum Bela Negara

Beritatrends, Landak– Sebanyak 184 mahasiswa baru Universitas Terbuka (UT) Pontianak, khususnya kelompok belajar (Pokjar) Landak, mengikuti Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) dan Pembelajaran Keterampilan Belajar Jarak Jauh (PKBJJ) selama dua hari, Sabtu dan Minggu (7-8 September 2024), Kegiatan penting ini akan berlangsung di Aula Bupati Landak. Orientasi Maba di hadiri perwakilan UT Pontianak, Drs. Achmad, M

Pd, Fathul Zaem Azis dan pengurus layanan UT Landak, L. Sahat Tinambunan, SE, MM serta menghadirkan Kapolres Landak, AKBP Siswo Nugroho, SH, S.IK sebagai dosen tamu kuliah umum dengan thema “Bela Negara di Era Globalisasi”, Sabtu (7 September 2024).

Kapolres Landak dalam pemaparan materinya diselingi dengan mengajak para mahasiswa bernyanyi untuk menggugah rasa nasional mahasiswa dengan lagu “Indonesia Pusaka”, diikuti oleh seluruh mahasiswa dengan semangat

Diakhir sesi kuliah umumnya, AKBP Siswo Nugroho kembali membawakan sebuah lagu diiringi gitar akustik dari anggota Polres Landak menyanyikan lagu ” Rumah Kita” dari band legendaris God Bless. Nyanyian Kapolres diikuti gemuruh koor mahasiswa baru

” Hanya bilik bambu tempat tinggal kita
Tanpa hiasan, tanpa lukisan…
Reff :Lebih baik di sini
Rumah kita sendiri
Segala nikmat dan anugerah Yang Kuasa
Semuanya ada di sini
Rumah kita…” Suara koor membahana di ruangan aula.

” Kabupaten Landak adalah rumah kita, mari kita jaga, kita bangun, agar masyarakat Landak maju dan makmur” ujar AKBP Siswo Nugroho menutup sesi kuliahnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan acara seremonial pemakaian baju almamater kepada 2 mahasiswa baru putra dan putri sebagai tanda kegiatan OSMB dan PKBJJ di mulai. Dilanjutkan pemberian cindera mata berupa Plakat dari Pengurus Layanan UT Landak kepada narasumber Kapolres Landak dan Drs. Achmad, M.Pd yang telah purna tugas atas dedikasi dan pengabdiannya di UT sebagai penanggung jawab untuk kabupaten Landak.

Baca Juga  Pendidikan dan Pelatihan Paskibraka Kabupaten Landak Tahun 2024 di Buka Pj Bupati

” Studi Mahasiswa Baru (OSMB) dan PKBJJ bertujuan untuk membekali mahasiswa baru dengan pengetahuan dasar tentang sistem pembelajaran UT, serta keterampilan belajar mandiri yang efektif, sehingga mahasiswa dapat belajar tepat waktu dengan nilai yang memuaskan” ujar pengurus UT Landak, L. Sahat Tinambunan, MM. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi ajang bagi mahasiswa untuk saling mengenal dan membangun kebersamaan sebagai sesama civitas akademika UT dan membangun jejaring.

Kegiatan OSMB dan PKBJJ juga diisi dengan kuliah umum yang akan mengundang Kapolres Landak sebagai Dosen Tamu. Kapolres Landak akan memberikan kuliah umum mengenai “Bela Negara”. Materi ini diharapkan dapat menumbuhkan semangat nasionalisme dan tanggung jawab sosial di kalangan mahasiswa.

Pengurus Layanan UT Landak L. Sahat Tinambunan, SE,MM menyampaikan OSMB dan PKBJJ wajib diikuti oleh mahasiswa baru agar lebih mengenal Civitas Akademi UT serta tidak kesulitan dalam proses perkuliahan dan bisa selesai tepat waktu.

“Melalui OSMB mereka bisa lebih mengenal UT sebagai kampus yang menaungi mereka dan saling mengenal sesama mahasiswa UT satu angkatan yang berasal dari kabupaten Landak. Dan yang paling terpenting adalah nantinya mereka bisa dan terampil dalam proses pembelajarannya khususnya yang online sehingga kuliah selesai tepat waktu dengan nilai yang sangat memuaskan” ujar Sahat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *