Blitar Ethnic National Carnival, Tampilkan Budaya Dari Aceh Sampai Papua

Beritatrends, Blitar – Special event 3rd Blitar Ethnic National (BEN) Carnival 2024 yang diselenggarakan Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar pada Sabtu (13/07/2024) pagi berlangsung meriah.

Kegiatan yang berlangsung di sepanjang jalan Ahmad Yani dan jalan Merdeka Kota Blitar dengan start di depan Kantor DPRD Kota Blitar itu menampilkan 59 seni budaya, adat, suku, tari, musik dan busana dari Aceh sampai Papua hingga budaya dari 4 benua.

Hadir dalam kesempatan itu, Deputi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Sekretariat Kabinet RI, Staf Ahli Bidang Inovasi dan Kreatifitas Kemenparekraf, Wali Kota Blitar, Wakil Wali Kota, Forkopimda, Sekda, para Wali Kota anggota Komwil IV Apeksi.

Dalam sambutannya, Wali Kota Blitar, Drs. H. Santoso, M.Pd menyampaikan, tahun ini BEN Carnival memiliki makna yang istimewa karena ada 13 daerah anggota Komwil IV Apeksi yang mengirimkan delegasi budaya dan menampilkan kesenian BEN Carnival termasuk ada beberapa warga negara asing dan beberapa daerah luar jawa yang ikut berpartisipasi.

“Saya ucapkan selamat datang di Bumi Bung Karno, kepada para tamu dan kepala daerah, delegasi seni budaya dan warga negara asing yang berpartisipasi dalam event BEN Carnival yang ketiga ini,” ucapnya.

Sambungnya, BEN Carnival yang ketiga ini adalah bagian dari upaya Pemerintah Kota Blitar untuk meningkatkan ekonomi kreatif, menanamkan nilai-nilai nasionalisme dan wawasan kebangsaan melalui jalur seni dan budaya.

Hal ini sesuai dengan tema “Go International BEN Carnival 2024 yaitu Blitar Keren, Awesome Indonesia. BEN Carnival merupakan cerminan aspirasi dan tekad kita untuk membawa pesan dan keindahan budaya Indonesia melintasi batas-batas negara, menjembatani perbedaan dan memperluas cakrawala kita.

“Ini adalah momen yang tepat bagi kita semua untuk merayakan dan mensyukuri anugerah kebhinnekaan yang menjadi kekuatan sejati ditengah-tengah kita. Maka hari ini kita tampilkan budaya dari Aceh sampai Papua dari Sabang sampai Merauke untuk menunjukkan bahwa Indonesia adalah bangsa yang besar dan memiliki budaya yang luar biasa,” jelasnya.

Baca Juga  DPRD Kabupaten Blitar Gelar Raker untuk Bahas Dana Hibah dan Giat Keagamaan

Ia menambahkan, kegiatan Blitar Ethnic National Carnival adalah wujud semangat nasionalisme sekaligus rasa syukur kita hidup dan tingga di sebuah negara yang kaya dengan seni dan budaya

“Kegiatan ini selaras dengan pesan Bung Karno Nation And Character Building, sekaligus menjalankan salah satu amanat trisakti Bung Karno Indonesia harus berkepribadian dalam bidang kebudayaan,” terangnya.

Melalui Blitar Ethnic National Carnival seperti ini juga ada sisi pewarisan nilai-nilai lokal, nasional maupun internasional, guna menggerakkan ekonomi masyarakat dan melestarikan nilai-nilai asli Indonesia yang dapat dikemas dengan pertunjukkan yang modern.

“Kota Blitar ini benar maju dan terus berkembang, tetapi kemajuan itu tidak boleh melupakan jati diri dan budaya bangsa yang adiluhung. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada peserta baik dari dalam maupun luar kota Blitar yang telah berpartisipasi, para sponsor dan panitia, semoga adaya kegiatan ini dapat memacu jiwa kreatifitas masyarakat dalam berkarya,” pungkasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *