Bupati Magetan Suprawoto Tinjau Embung Ringin Agung

Beritatrends, Magetan – Ketersediaan air pada lahan sawah tadah hujan sangat tergantung dari curah hujan. Pada saat musim kemarau umumnya lahan tidak dapat ditanami, karena air tidak tersedia. Embung merupakan salah satu teknologi adaptasi ketidakpastian iklim khususnya untuk lahan tadah hujan.

Untuk mengatasi kekeringan, maka salah satu strategi yang paling murah, cepat, dan efektif serta hasilnya langsung terlihat adalah dengan memanen aliran permukaan dan air hujan di musim penghujan melalui daerah tangkapan air. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk memanfaatkan limpahan air hujan adalah dengan membangun embung.

Bupati Magetan Dr. Drs. H. Suprawoto S.H M.Si bersama Forkopimca serta OPD terkait melaksanakan peninjauan pembuatan Embung RinginAgung, karena embung memiliki banyak manfaat bagi masyarakat di Magetan baik dibidang pengairan maupun pencegahan banjir saat musim hujan . Selain peninjauan embung Dinas PUPR juga akan melaksanakan penanaman pohon disekitar embung, Kamis (30/12/2021)

Suprawoto mengatakan dulu pihaknya selalu berfikir musim hujan tidak hanya banjir. Pihaknya memaknai musim hujan adalah musimnya nanam, “momentum yang bagus harus kita gunakan dengan sebaik baiknya, Oleh sebab itu pihaknya selalu mengatakan kepada teman-teman mari menanam ini waktunya musim hujan.

Rencananya besok hari Jumat (31/12/2021) akan nanam di sekita embung, sepanjang pinggir jalan sudah ditanam oleh mas Muchtar dari PUPR, di Barat, Ngariboyo, Lembeyan, Tapen, di kota juga di tanami. Disini nanti juga di tanami pohon asam, dan pohon beringin terus dan pohon juwet .

Pihaknya selalu bilang nya begini, nanam itu yang suka tidak hanya manusia tapi semua, burung saja senang. Oleh sebab itu mari kita manfaatkan musim hujan ini dalam arti waktunya menanam.

Fungsi utama nya untuk pengairan, nah kita kan panen air, kedua mengendalikan banjir. Dulu disini kan banjir setiap hujan. Malah kita ingatkan 2 tahun yang lalu ada korban salah satu anak kita karena saking derasnya. Oleh sebab itu tahun ini kita buatkan disini dan Alhamdulillah bisa mengurangi karena kalau tidak kan bisa masuk kota

Pos terkait