Bupati Ponorogo Hadiri Kirab Budaya Djoyo Negoro

Beritatrends, Ponorogo – Rangkaian Pagelaran Budaya Djoyo Negoro yang digelar pemerintah dan masyarakat Kecamatan Slahung berlangsung meriah, Kamis (16/11/23).

Kirab Pusaka tersebut sebagai napak tilas mengenang jasa Eyang Joyonegoro, Adipati Gadingrejo, Ponorogo Selatan.

Pada kirab tersebut, para peserta yang terdiri dari jajaran pemerintah Kecamatan Slahung dan masyarakat berjalan dari Kantor Kecamatan menuju Lapangan Desa Slahung.

Toni Kristiawan, Camat Slahung mengatakan bahwa Pagelaran Budaya Djoyo Negoro tersebut telah digelar sejak 13 November 2023.

Diawali dengan pagelaran reog dan gajah-gajahan, campursari, pameran UMKM, pentas seni budaya, Bedol Pusaka, Karawitan, kirab pusaka dan buceng purak. Serta ditutup dengan pengajian umum pada Sabtu, 18 November nanti.

“Inti dari Pagelaran Budaya Djoyo Negoro yaitu napak tilas kirab pusaka eyang Joyonegoro. Ini merupakan agenda rutin setiap tahun semoga dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat,”ujarnya.

Sementara itu, Kang Bupati Sugiri yang hadir pada acara itu mengungkapkan apresiasi atas komitmen masyarakat Slahung dalam menjaga tradisi dan budaya.

Melalui Pagelaran Budaya Djoyo Negoro itu, ia meyakini tak hanya melestarikan budaya dan mengenang jasa leluhur, namun juga mampu menumbuhkan ekonomi dan mempererat kerukunan masyarakat.

“Mudah-mudahan melalui acara kirab budaya kita terus nguri-nguri kabudayaan bahwa Slahung dulu ada yang memulai. Semoga ke depan bisa terus kita lanjutkan. Sehingga ekonomi tumbuh, budaya tumbuh, kerukunan terjaga dengan baik,” ungkap Kang Bupati Sugiri.

Baca Juga  Rakor TPPS Kabupaten Landak Tahun 2024 di Desa Bilayuk, Kec. Mempawah Hulu

Pos terkait