Dalam Semalam, 2 Kecamatan di Magetan dilanda Bencana Longsor

2 Kecamatan di Magetan dilanda Bencana Longsor salah satunya kecamatan Kawedanan Desa Tulung

Beritatrends, Magetan – Dalam semalam 2 Kecamatan di Kabupaten Magetan dilanda bencana longsor. Tercatat ada 5 titik terjadi di 2 kecamatan akibat curah hujan yang tinggi, Jumat (10/2/2023).

Di Kecamatan Poncol. Tanah longsor melanda rumah Jumari, warga Desa Gonggang pada pukul 8 malam.

“Akibatnya, tanah halaman Pak Jumari longsor ke bawah hingga akses jalan masuk ke rumah Pak Paidi tertutup total. Namun kami telah mengirimkan personil guna penanganan darurat agar bisa dilalui. Bantuan sembako dan terpal juga diberikan untuk menutup lokasi agar tidak semakin parah karena tergerus hujan,” terang Eka Wahyudi, Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Magetan, saat dikonfirmasi awak media, Sabtu (11/02/2023).

Selanjutnya, di titik Desa Gonggang, jelang dini hari, pekarangan rumah Yatno dilaporkan longsor hingga menimpa rumah tetangganya, Supri. Tak hanya itu, dapur rumah Pandi juga longsor hingga menimpa rumah Parmin.

Belum usai, bencana juga menimpa Desa Plangkrongan. Sebuah jembatan penghubung antar desa dilaporkan longsor akibat tergerus derasnya aliran sungai.

“Tidak ada korban jiwa pada peristiwa bencana, sedangkan untuk kerugian material masih kami data,” ujar Eka.

Kemudian di sisi lain, tepatnya di Kecamatan Kawedanan, longsor juga terjadi di sekitar jembatan Tulung. Talud penahan badan jalan Jembatan sepanjang belasan meter amblas hingga berakibat pada terputusnya jaringan pipa PDAM.

“Dampaknya jaringan pipa PDAM sekitar 6 Dim yang mengairi air bersih untuk 3 desa disekitarnya putus, hal ini telah dilaporkan ke Dinas PUPR dan PDAM,” kata Eka.

Diketahui bahwa jembatan tersebut merupakan akses vital yang menjadi jalan penghubung antara Kecamatan Kawedanan dengan Kabupaten Ponorogo. BPBD bersama TNI-POLRI juga telah memberikan penanda rambu peringatan dan memberlakukan sistem buka tutup jalan.

Baca Juga  Ketua PMI Selayar, Saiful Arif, Kuatkan Mental Korban

Pos terkait