Desa Cantik, Upaya BPS Magetan Tingkatkan Literasi Statistik untuk Pembangunan Berbasis Data

Beritatrends, Magetan – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Magetan, Jawa Timur, mencanangkan program Desa Cinta Statistik (Desa Cantik), di Pendopo Surya Graha, Selasa (30/07/2024).

Kepala BPS Magetan, Mohamad Samsudin, menjelaskan bahwa program ini bertujuan untuk meningkatkan literasi statistik masyarakat dan memastikan pembangunan desa yang berbasis data akurat.

“Desa Cantik adalah program pembinaan statistik yang mencakup pengumpulan, konsep, definisi, hingga pemanfaatan data statistik untuk pembangunan,” jelasnya.

Program ini, lanjut Samsudin, akan difokuskan pada tiga desa percontohan, yaitu Desa Cileng, Desa Poncol, dan Desa Soco.

“Kami akan membentuk agen atau komunitas statistik di setiap desa yang kemudian akan dibina. Target akhirnya adalah desa-desa di Magetan memiliki data yang tersusun rapi dan pemangku desa memahami pentingnya statistik sehingga dasar pembangunan berdasarkan data statistik dan tepat,” ujarnya.

Meski demikian, program Desa Cantik ini juga akan terus berjalan karena kebutuhan akan statistik yang akurat tidak pernah berhenti. BPS Magetan selalu terbuka untuk melakukan pembinaan berkelanjutan kepada desa-desa yang membutuhkan.

Pj. Bupati Magetan, Hergunadi pun memberikan apresiasi kepada BPS atas pelaksanaan kegiatan ini.

“Terima kasih kepada BPS yang telah melaksanakan kegiatan Desa Cantik. Tahun kemarin juga sudah ada desa yang dijadikan pionir, harapannya ke depan semua desa bisa menjadi Desa Cantik,” ungkapnya.

Hergunadi juga menekankan pentingnya statistik dalam pengambilan kebijakan.

“Statistik berkaitan dengan pencatatan dan data, baik angka, grafik, atau kurva. Harapannya dengan adanya Desa Cantik, nantinya kebijakan yang dilaksanakan dasarnya adalah data statistik yang valid, sehingga pengambilan keputusan bisa lebih tepat,” tambahnya.

Dengan adanya program ini, diharapkan desa/kelurahan di Magetan bisa menjadi ujung tombak pengumpulan data sektoral yang valid dan berguna untuk pengambilan kebijakan yang tepat sesuai dengan kondisi lapangan.

Baca Juga  Magetan Raih Penghargaan Rail Eays Safety Awards 2022

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *