Diikuti 180 Atlet, Festival Pencak Silat Dandim Cup Siap Meriahkan Hari Jadi Magetan

Beritatrends, Magetan – Festival Pencak Silat Seni Kreatif memperebutkan Piala Dandim 0804/Magetan menjadi salah satu perhelatan yang paling dinanti dalam rangkaian perayaan HUT ke-79 TNI sekaligus Hari Jadi ke-349 Kabupaten Magetan.

Diikuti oleh 180 atlet dari 13 perguruan dan 30 sasana pencak silat, festival yang digelar pada 16-17 Oktober 2024, akan turut meramaikan Pekan Pasar Rakyat Magetan (PPRM) di halaman GOR Ki Mageti.

Pasiter Kodim 0804/Magetan, Kapten Inf Sunaryo, menyatakan bahwa kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan prestasi atlet, tetapi juga untuk menjalin silaturahmi antar perguruan pencak silat di Magetan.

“Semoga event ini bisa menjadi kegiatan tahunan dan semakin baik pelaksanaannya ke depan,” ujarnya saat pembukaan, Selasa (15/10/2024) malam.

Festival ini dibuka secara resmi oleh Dandim 0804/Magetan, Letkol Inf Hasan Dasuki, yang menekankan pentingnya melestarikan pencak silat sebagai seni warisan budaya bangsa.

“Pencak silat adalah budaya luhur yang harus kita lestarikan bersama. Event ini juga menjadi ajang mempererat tali persaudaraan antar pesilat,” jelasnya.

Selain unsur TNI, kegiatan ini juga mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Daerah dan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Magetan.

Para atlet pun diingatkan untuk bertanding dengan semangat sportivitas, serta menjunjung tinggi prinsip menang tanpa merendahkan, dan kalah tanpa kehilangan kehormatan.

“Selamat bertanding kepada seluruh atlet. Tunjukkan kemampuan terbaik, jaga sikap hormat, dan sukseskan ajang ini dengan semangat persaudaraan,” pesan Letkol Inf Hasan Dasuki.

Festival Pencak Silat Piala Dandim 0804 ini menjadi bukti nyata bahwa olahraga tradisional dapat menjadi wadah sinergitas antar komponen masyarakat, termasuk TNI, pemerintah daerah, dan komunitas pencak silat, untuk terus melestarikan budaya bangsa.

Baca Juga  Dandim 0426 Ikut Meriahkan Car Free Day di Tuba

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *