Dinas PUPR Bidang SDA Terus Lakukan Rehabilitasi Bendungan di Kabupaten Magetan Jawa Timur

Beritatrends, Magetan – Bendungan merupakan salah satu peran penting dalam menjaga ketersediaan air baku tanah untuk saluran irigasi bagi desa. Fungsi utama dari bendungan tersebut sebagai penyedia air baku untuk mengaliri areal persawahan yang menjadi cakupannya, tentu sudah sewajarnya bendungan itu harus dalam keadaan prima.

Dengan tetap menjaga keadaan prima disetiap bendungan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Magetan melalui bidang Sumber Daya Air (SDA) terus melakukan rehabilitasi bendungan yang ada di Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Salah satu rehabilitasi bentungan yang dikerjakan oleh Dinas PUPR Magetan yakni Bendungan Banjarpanjang yang terletak di Desa Banjarpanjang, Kecamatan Ngariboyo, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Seperti yang dikatakan Kepala Dinas PUPR Magetan melalui Kabid SUmber Daya Air Yuli K. Iswahyudi, ST, MT bahwa dinas PUPR bidang SDA terus melakukan rehabilitasi bendungan yang ada di Kabupaten Magetan, salah satunya Bendungan Banjarpanjang yang ada di Kecamatan Ngariboyo, Selasa (09/10/2023)

“Rehabilitasi Bendungan Banjarpanjang ini merupakan salah satu upaya dari Dinas PUPR bidang SDA dalam membantu masalah yang dihadapi para petani dalam pengaliran sawah, dengan adanya rehabilitasi kali ini setidaknya bisa memaksimalkan saluran air bagi petani setempat,” jelasnya.

Pihaknya berhadap dengan adanya rehabilitasi bendungan Banjarpanjang tersebut bisa membantu meringankan masalah yang dihadapi para petani dalam pengaliran sawah yang ada di Desa Banjarpanjang, Kecamatan Ngariboyo.

“Seperti yang diketahui bersama, bahwa musim kemarau kali ini sangatlah panjang, dan aliran air yang ada sangatlah berkurang, oleh karena itu, Dinas PUPR utamanya bidang SDA terus berupaya semaksimal mungkin untuk meringankan permasalahan, dan semoga dengan rehabilitasi kali ini masyarakat tidak lagi kebingungan untuk penyediaan air baku bagi masyarakat sekitar,” tutupnya.

Baca Juga  Bupati Blitar Buka Acara Rapat Koordinasi Pendamping Desa dan Pendampng Lokal Desa se-Kabupaten Blitar Serta Halal 

Pos terkait