Dinsos Magetan Gelar Pelatihan Terapi Dasar Bagi Keluarga Penyandang Disabilitas

Beritatrends, Magetan – Dinas Sosial Kabupaten Magetan menggelar Pelatihan Terapi Dasar Bagi Keluarga Penyandang Disabilitas Tahun 2023.

Pelatihan kali ini bertema “Terlihat berbeda bukan berarti sebuah kesalahan, Mari ubah cara pandang kita terhadap mereka yang menyandang disabilitas” yang bertempat di Gedung Korpri Magetan, Jawa Timur. Rabu (20/12/2023)

Dalam pelatihan kali ini dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Magetan, Parminto Budi Utomo S.Sos., M.AP., yang diikuti sebanyak 75 peserta dari Kabupaten Magetan.

Beberapa narasumber juga turut hadir dalam pelatihan kali ini, antara lain yakni dari SFC (Spesifik Family Community), Fisioterapis, okupasi terapis dan terapis wicara Sentra Terpadu Kartini di Temanggung serta dari Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan.

“Sebenarnya ini merupakan tindak lanjut dari PJ. Bupati Magetan yang melaunching rumah terapis tunas bangsa yang ada di kelurahan Tawanganom Magetan,” jelas Kepala Dinsos Magetan, Parminto. Rabu (20/12/2023)

Lebih lanjut, mengingat di Kabupaten Magetan penyandang disabilitas tidak sedikit, dari satu komunitas itu saja terdapat kurang lebih 120an penyandang disabilitas, maka dari itu dengan adanya masukan-masukan dari orang tua yang memiliki anak disabilitas itu menyampaikan beberapa keluhan ke Dinas Sosial Magetan.

“Keluhan dari mereka bahwa banyaknya kesulihan untuk bagaimana harus bertindak merawat anak-anak yang diberi keistimewaan tersebut, bahkan ada juga informasi terkadang anak-anak penyandang disabilitas tersebut tidak mendapatkan perawatan yang semestinya, karena kekurangan informasi dan pengetahuan orang tua sehingga anak-anak yang istimewa itu dibiarkan,” imbuh Parminto.

Parminto menambahkan, maka dari itu selama dua hari mendatang Dinsos Magetan memberikan pelatihan terapi dasar bagi keluarga penyandang disabilitas yang ada di Kabupaten Magetan yang diikuti sebanyak 75 peserta.

“Semoga dengan diberikannya pelatihan kali ini para orang tua yang dititipkan anak berkeistimewaan tersebut bisa memberikan terapi dasar sendiri,” kata Parminto.

Setelah kegiatan ini nanti terlaksana selama dua hari mendatang, Dinas Sosial Kabupaten Magetan tidak berhenti begitu saja, namun akan melanjutkan dengan berkomunikasi secara langsung dengan orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus dan akan mengetahui perkembangan anaknya.

“Ini nanti tidak hanya berhenti begitu saja, kami juga akan menanyakan kepada orang tua yang memiliki anak berkebutuhan kusus bagaimana perkembangan anaknya dan akan menindaklanjuti ke Rumah Terapis apabila perkembangannya lambat,” tegas Parminto.

Pos terkait