Disnakkan Magetan Sosialisasikan Cara Sembelih Hewan Kurban Pada Takmir Masjid

Jelang Idul Adha, Disnakkan Magetan Sosialisasikan Cara Sembelih Hewan Kurban Pada Takmir Masjid

Beritatrends, Magetan – Menjelang hari raya Idul Adha atau kurban, Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Magetan menggelar sosialisasi dan pembinaan hewan kurban, di ruang pertemuan limousin Disnakkan, Rabu (21/06/2023).

Adapun narasumber pada sosialisasi yang digelar selama 2 hari ini, diisi langsung oleh Wakil Ketua MUI Sumarno Abdul Aziz tentang kurban sesuai syar’i, kemudian drh. Risky dari Bidang Kesehatan Hewan Disnakkan membahas bagaimana pemilihan hewan ternak yang sehat, dan Ari Wibowo dari Rumah Potong Hewan (RPH) membagikan tata laksana penyembelihan hewan kurban yang baik.

Kepala Bidang Usaha Tani dan Peternakan Disnakkan Magetan, drh. Sidik Perwito mengatakan, sosialisasi ini merupakan kegiatan rutin tahunan untuk menyiapkan SDM, selain memastikan ketersediaan dan kesehatan ternak.

“Untuk 2 tahun terakhir sangat urgent ya karena di Magetan terjangkit wabah PMK dan LSD, sehingga ini akan menjawab kegaduhan di masyarakat bagaimana ternak yang sah untuk kurban,” jelasnya.

Secara bertahap Disnakkan mengundang takmir masjid sebagai peserta, dimana kali ini mendatangkan dari Kecamatan Sidorejo dan Parang.

“Semoga setelah ini nanti mereka bisa menyampaikan kepada rekan-rekan di desa bagaimana kurban yang baik dari sisi agama, kesehatan, maupun kesejahteraan hewan,” harap drh. Sidik.

Terakhir, turut diserahkan pula peralatan kurban kepada takmir masjid, yakni berupa selembar terpal dan sebilah pisau.

Baca Juga  Bupati dan Wabup Rohil, Hadiri Upacara Peringatan HUT Bhayangkara ke-77

Pos terkait