DPRD Gelar Paripurna Hari Jadi Ponorogo Ke-526, Bupati Sampaikan Pidato Kenegaraan

DPRD Gelar Paripurna Hari Jadi Ponorogo Ke-526, Bupati Sampaikan Pidato Kenegaraan.

Beritatrends, Ponorogo – Kang Bupati –sapaan Bupati Sugiri Sancoko—datang ke rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Ponorogo bersama Wakil Bupati (Wabup) Lisdyarita dan sejumlah pejabat teras di lingkup Pemkab Ponorogo. Di kursi undangan tampak Bupati Ponorogo ke-25 Amin (2010-2015) dan mantan Ketua DPRD Ponorogo Ali Mufthi yang kini anggota DPR RI.

Seperti halnya presiden menyampaikan pidato kenegaraan di depan sidang paripurna DPR setiap tanggal 16 Agustus, sehari menjelang hari kemerdekaan Republik Indonesia. Bupati Sugiri Sancoko juga harus berpidato di depan rapat paripurna DPRD bertepatan dengan Hari Jadi ke-526 Kabupaten Ponorogo pada 11 Agustus 2022. Sebuah tradisi politik yang sudah berlangsung bertahun-tahun.

Pidato Bupati Sugiri Sancoko di Hari Jadi Kabupaten Ponorogo berisikan tema-tema besar, kebijakan dan program, pencapaian, hingga tantangan serta harapan. Mulai pemenuhan standar pelayanan minimal (SPM) bidang pendidikan, kesehatan, pekerjaan umum dan perumahan rakyat, hingga bidang sosial. ‘’Standar pelayanan minimal untuk pendidikan anak usia dini (PAUD), pendidikan dasar, dan pendidikan kesetaraan sudah tercapai,’’ jelasnya.

Demikian pula tercapainya pelayanan minimal bidang kesehatan bagi ibu hamil, ibu bersalin, bayi baru lahir, balita, pelajar, penduduk usia produktif, dan penduduk lanjut usia (lansia). Selain itu, penyediaan kebutuhan air minum dan pengelolaan air limbah domestik yang termasuk pelayanan bidang pekerjaan umum serta perumahan rakyat.

‘’Jumlah penduduk yang sudah mendapatkan pemenuhan kebutuhan air minum mencapai 78,63 persen, sedangkan layanan pengolahan air limbah domestik menyentuh 12,67 persen,’’ jlentreh Kang Bupati.

Capaian pelayanan di bidang sosial sudah memenuhi 100 persen ke penyandang disabilitas terlantar, anak terlantar, lansia terlantar, dan penyandang tuna sosial. Sedangkan perlindungan dan jaminan sosial pada saat dan setelah tanggap darurat bencana bagi korban bencana mencapai 93,66 persen.

‘’Predikat KLA (Kabupaten Layak Anak) bagi Ponorogo yang sebelumnya kategori pratama, sekarang ini sudah naik menjadi madya,’’ terangnya.

Kang Bupati mafhum selama memimpin Ponorogo bersama Bunda Rita –sapaan Wabup Lisdyarita— tidak luput dari kekurangan. Namun, pihaknya optimistis seluruh program akan terealisasi dengan baik berkat kerja sama Pemkab dan DPRD Ponorogo serta dukungan penuh masyarakat.

‘’Kami mengajak untuk terus bergandeng erat, bergerak cepat untuk Ponorogo hebat dan bermartabat. Seperti jargon Grebeg Suro 2022 dan Hari Jadi ke-526 Kabupaten Ponorogo,’’ ungkapnya.

Seusai rapat paripurna, Kang Bupati dan Ketua DPRD Ponorogo memotong dua tumpeng. Tumpeng dari Kang Bupati diberikan kepada Bupati Ponorogo ke-25 Amin. Sedangkan Sunarto memberikan potongan tumpeng kepada Ali Mufti.

Pos terkait