Erani Calon Wakil Bupati Hadiri Penutupan Ritual Adat Notokng di Desa Tembawang

Erani, ST MT, Hadiri Penutupan Acara Ritual Adat Notokng di Desa Angan Tembawang

Beritatrends, Landak – Acara Penutupan Notokng di desa Angan Tembawang, Kecamatan Jelimpo Kabupaten Landak, merupakan acara sakral adat budaya melestarikan tradisi menghormati leluhur perintis dan pejuang tatanan tatakelola kehidupan budaya mempertahankan keberlangsungan hidup, baik bercocok tanam, dan seluruh sendi kehidupan masyarakat adat Dayak, di mana pada zaman dahulu.

“Pendahulu kita merintis membuka lahan belantara menjadi ladang untuk penghidupan masyarakat di zaman itu, sekitar ratusan tahun lalu,” jelas Timanggong Desa Angan, Selasa (25/6/2024).

Masih menurut Timanggong adat, bahwa tradisi ini sebenarnya meneruskan tradisi turun temurun.

Dalam sambutan singkatnya, EraniĀ  yang merupakan Bakal calon Wakil Bupati Landak, mengatakan agar tetap melestarikan adat budaya ini, ini potensi luar biasa dan semoga generasi muda makin mengenal warisan budaya yang ada.

“Sehingga menjadi suatu kegiatan yang bisa di lestarikan, karena kalau di kelola dari sisi pariwisatanya pastinya sangat luar biasa, apalagi di Angan Tembawang, ada juga air terjun,”papar Erani.

Di minta tanggapannya, Setepanus, SPD selaku kepala Desa Angan Tembawang mengatakan, sangat mendukung pelestarian budaya serta pengembanga pusat wisata, kita sudah berdiskusi serta berkordinasi dengan semua stakeholder.

“Sambil berbenah, sambil megelola sesuai potensi sumberdaya yang ada,:kata Setepanus, mempertegas.

Di tempat yang sama, Valentino Cafri, S.Hut selaku ketua panitia mengatakan, bahwa kegiatan ini di adakan setiap tahun di bulan Juni yang tahun ini saja kita dengan persiapan seadanya, bisa laksanakan kegiatan, NotokngĀ  2024.

“Mudahan selesai dengan baik, agar panitia yang akan datang lebih gesit dan inisiatif dalam mengatur kegiatan,”pungkasnya.

Baca Juga  Danpos TNI AL Selayar Angkat Bicara Sikapi Fenomena Perubahan Warna dan Aroma Air Laut

Pos terkait