Gladen Ageng Jemparingan Mataraman Magetan di Ikuti Ratusan Peserta

Bupati Magetan : Pentingnya Nguri-Uri Budaya Jawa Lewat Event Gladen Ageng Jemparingan Mataraman

Beritatrends, Magetan – Setelah sempat terhenti karena Covid-19, ratusan peserta dari berbagai daerah mengikuti event “Gladen Ageng Jemparingan Mataraman”. Event tersebut diselenggarakan dengan dukungan dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Magetan di Lapangan Sumberejo, Ringinagung, Minggu (20/11/2022), dalam rangka memperebutkan Piala Bupati Magetan.

Menurut Setyo Budianto, koordinator penyelenggara Gladen Ageng Jemparingan, menyatakan bahwa, selain bertujuan untuk nguri-uri budaya Jawa, event tersebut juga untuk meramaikan hari jadi ke-347 Kabupaten Magetan.

Gladen Ageng Jemparingan diikuti oleh sekitar 100 peserta, yang berasal dari 30 paguyuban, baik dari Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Secara keseluruhan, peserta terbagi atas kategori anak dan dewasa, baik putra ataupun putri. “Namun khusus untuk kategori anak hanya difokuskan dari wilayah Kabupaten Magetan saja”, ungkap Setyo.

Ia juga menambahkan bahwa adanya event ini diharapkan dapat dijadikan sebagai ajang silaturahmi. “Karena mempertemukan antar satu kabupaten dengan kabupaten lainnya, sehingga persatuan Indonesia akan terjalin”, kata Setyo.

Bupati Magetan, Suprawoto, bersama dengan Kepala Disparbud Magetan, turut hadir membuka acara Gladen Ageng Jemparingan.

Ia berharap dengan adanya event ini, selainuntuk melestarikan tradisi leluhur, juga dapat memberikan ruang bagi anak untuk tidak anti sosial, dan kelak dapat berprestasi hingga menjadikannya sebagai sebuah profesi.

Bupati mengajak masyarakat untuk dapat melestarikan budaya Jawa. “Karena tanggung jawab kita adalah untuk nguri-uri budaya Jawa”, jelas Suprawoto.

Pos terkait