Hujan Dari Siang Mengakibatkan : Banjir Genangi Jalan dan Pemukiman Warga di Maospati, Magetan

Kondisi jalan oerumahan yang tegenang air

Magetan – Hujan sejak pukul 13.00 WIB, Sabtu (9/3/2024) hingga pagi hari pukul 08.04 Minggu (10/3/2024 ini masih hujan) di Wilayah Kabupaten Magetan menyebabkan luapan air kembali banjiri pemukiman di Perumahan Griya Ardhya Garini, Desa Suratmajan, Kecamatan Maospati, Kabupaten Magetan.

Menurut Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Magetan, Eka Wahyudi, pada pukul 17.00 WIB, luapan air kembali genangi perumahan dengan ketinggian mencapai 35 cm. Meskipun belum masuk ke dalam rumah warga, air telah menggenangi halaman rumah dan jalan perumahan.

Kejadian ini dipicu oleh jebolnya tanggul pembatas antara persawahan dan perumahan pada hari Selasa (5/3/2024) yang lalu.

Tanggul sementara yang telah dibuat menggunakan karung berisi pasir kembali jebol hari ini, Minggu (10/3/2024), terbawa arus derasnya air.

“Pada pukul 19.00 WIB kemarin, luapan di halaman rumah dan jalan perumahan sudah turun diketinggian 20 cm,” jelas Eka Wahyudi.

Tim dari TRC-PB dan Pusdalops-PB telah mendatangi lokasi kejadian untuk melakukan pendataan, kajian cepat, membersihkan saluran irigasi yang tersumbat, memantau wilayah banjir, serta berkoordinasi dengan pengelola perumahan dan Ketua RT setempat. Upaya ini diharapkan dapat mengurangi dampak banjir luapan yang terjadi di Perumahan Griya Ardhya Garini.

Baca Juga  Wabup Rohil : Cek Pos Pengamanan Lebaran

Pos terkait