Isak Tangis Keluarga : Saat Pelepasan Calon Haji  Asal Rokan Hilir

Saat Pelepasan Calon Haji  Asal Rokan Hilir

Beritatrends, Rohil – 282 Calon Jemaah Haji (CJH) kloter 14 asal Rokan Hilir, Provinsi Riau dilepas menuju Embarkasi Batam dari mesjid Al Ikhlas, Bagansiapiapi, Rokan Hilir, Riau Jum’at (24/5/2024) pagi. Keberangkatan calon jemaah haji asal Rohil tersebut diwarnai isak tangis keluarga.

Sebelum berangkat ke tanah suci, ratusan calon jemaah haji asal Rohil ini dikumpulkan terlebih dahulu di Mesjid Nur Affandi, Ujung Tanjung. Setelah mendapatkan pengarahan dari panitia, mereka masuk ke bus untuk berangkat ke Embarkasi Batam terlebih dahulu.

Isak tangis keluarga pecah saat para calon jemaah haji hendak masuk bus. Sebagian calhaj sempat berpelukan dengan keluarga sebelum masuk bus. Sementara keluarga lainnya hanya bisa melepas dengan air mata.

Menurut Bupati Rokan Hilir, Afrizal Sintong yang melepas keberangkatan calon jemaah haji ini mengimbau kepada para jemaah agar bisa menjaga fisik dan kesehatan agar dapat menjalankan ibadah haji dengan lancar.

“Malam ini kita akan menyiapkan hotel di Dumai. Kapal kita sudah kita carter dan keluarga dari Rohil di Batam akan menyambut kita di sana. Kami juga siap stand by di Batam dan berharap jemaah tetap sehat hingga sampai di tujuan,” kata Bupati

Dikatakan Bupati, di antara rombongan CJH, ada juga beberapa pejabat daerah yang ikut naik haji. Ada kadis dan tiga camat.

“Kami semua berharap seluruh calon jemaah haji dapat menunaikan ibadah ini dengan lancar dan kembali dengan selamat,” ujar Bupati.

Setelah upacara pelepasan yang penuh khidmat, rombongan jemaah berangkat menuju Dumai dengan delapan unit bus yang dikawal dengan ketat. Di Dumai, mereka akan menginap di hotel sebelum melanjutkan perjalanan ke Batam.

Baca Juga  Apel Gelar Pasukan Dalam Rangka Operasi Zebra Semeru di Polres Magetan Tahun 2021

Sementara itu, Drs H Naini,M.Pdi yang bertugas sebagai pembimbing ibadah dari petugas Haji Daerah dihadapan CJH menyampaikan, tidak semua kabupaten/kota memberikan fasilitas seperti di Rohil.

” Di sini, jemaah menginap tiga malam, diberikan makan, dan tidak ada biaya tambahan hingga sampai di Batam. Ini berkat dukungan penuh dari Bupati Afrizal Sintong yang selalu mengayomi masyarakat,” terangnya.

Naini mengapresiasi kebijakan Bupati yang senantiasa menyiapkan kebutuhan CJH dari tahun ke tahun. Dan sudah selayaknya kita mengucapkan terima kasih karena mengayomi masyarakat Rohil yang hidup beraneka ragam suku dan agama.

Dirinya memastikan kebutuhan seluruh jemaah terpenuhi selama perjalanan menuju tanah suci.

Terakhir, dia berpesan kepada seluruh jemaah kloter 14 yang bergabung dengan jemaah haji Pekanbaru dan Indragiri Hilir, agar senantiasa berkomunikasi dengan tujuh petugas dan ketua regu jika ada kendala selama menjalankan ibadah haji, Mengingat disana, suhu diperkirakan mencapai 42 derajat celsius.

” Sehingga para jemaah diingatkan untuk menjaga stamina dan menghindari keluar jika tidak perlu,” sarannya.

Acara pelepasan CJH dan proses tepuk tepung tawar untuk CJH asal Rokan Hilir selain dihadiri Bupati, juga mengikutsertakan Sekda, Kapolres, Kemenag dan tokoh masyarakat.

Pos terkait