Isu Warkop Jual Beli Jabatan di Magetan, Rudi Setyawan Angkat Bicara

ilustrasi

Beritatrends, Magetan – Rudi Setyawan atau yang akrab disapa Rugos, Koordinator Rumah Keterbukaan Informasi dan Transparasi Anggaran (Rumah Kita) angkat bicara terkait isu yang beredar jual beli jabatan di Lingkup Pemerintah Kabupaten Magetan, Senin (14/10/2024)

Sebagai informasi, terdapat beberapa jabatan yang kosong di lingkup Pemerintah Kabupaten Magetan karena purna tugas, dan saat ini telah diisi pelaksana harian atau pelaksana tugas.

Beredar Informasi dari beberapa warkop (Warung Kopi) yang ada di Kabupaten Magetan bahwa bermunculan adanya harga untuk naik jabatan di Lingkup Pemerintah Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

“Praktik jual beli jabatan di Lingkup Pemkab Magetan itu sangat-sangat merugikan masyarakat,” jelas Rugos melalui pesan suara, Senin (14/10/2024)

Rugos menegaskan, Pada prinsipnya, rotasi atau mutasi jabatan itu sesuatu yang lumrah dan itu diatur dalam sebuah system, dan dinamika dalam sebuah pemerintahan memang itu dibolehkan artinya untuk sesuatu yang bersifat penyegaran.

“Namun jangan lupa, bahwa rotasi dan mutasi harus bertujuan seutuhnya demi menghasilkan sosok pimpinan yang memiliki kualitas dan kapabilitas dalam melaksanakan pelayanan publik, jangan sampai jual beli jabatan itu terjadi,” imbuh Rugos.

Rugos menambahkan, Magetan ketika para pejabatan yang menduduki jabatan strategis itu orang yang berkompeten dibidangnya maka pelayanan publik akan menjadi lebih optimal dan masyarakat akan diuntungkan, dengan demikian langkah-langkah untuk menuju Magetan lebih baik akan bisa terjadi.

“Perlu diketahui bersama bahwa pentingnya keterbukaan informasi publik, maka Pemerintah Kabupaten Magetan itu harus menjelaskan mekanisme, panitia rekuitmen, seleksi, dan lain-lainnya sesuai dengan proses yang berlaku,” kata Rugos.

Rugos menekankan semua mekanisme dan persyaratan beserta panitia itu harus disampaikan ke publik dengan kebenaran, sehingga masyarakat juga bisa mengawasi dan mengetahui kebenarannya bagaimana.

Baca Juga  Wisata Alam Way Mios Digeruduk Hampir Ribuan Pengunjung Dari Dalam Dan Luar Pesawaran

“Dengan keterbukaan informasi publik itu tentunya masyarakat juga lebih tau dan bisa mengawasi kinerja para penjabat di lingkup Pemkab Magetan, sehingga isu jual beli jabatan itu tidak akan terjadi di bumi Mageti ini,” akhir Rugos.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *