Jadi Inspektur Upacara Hari Santri Nasional, Begini Pesan Ketua DPRD Magetan

Beritatrends, Magetan – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Magetan, Suratno, bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) dalam peringatan Hari Santri Nasional di Alun-alun setempat, Selasa (22/10/2024).

Dalam pidatonya, Suratno menekankan pentingnya santri untuk meresapi nilai-nilai perjuangan dan bersiap menghadapi tantangan masa depan dengan semangat yang sama seperti para pendahulu mereka.

Tema Hari Santri Nasional 2024, “Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan”, menjadi landasan utama dalam pidato Suratno.

Ia mengingatkan kembali peran penting kaum santri dalam sejarah Indonesia, terutama saat fatwa “Resolusi Jihad” yang dikeluarkan oleh Kyai Hasyim Asy’ari pada 22 Oktober 1945.

“Itulah momentum bersejarah yang menggerakkan ribuan santri untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia, terutama dalam pertempuran heroik di Surabaya pada 10 November 1945,” ujar Suratno.

Suratno juga menegaskan bahwa penetapan Hari Santri delapan tahun lalu oleh Presiden RI bukan sekadar bentuk penghormatan kepada sejarah, tetapi juga pengakuan negara atas kontribusi besar santri dalam membangun bangsa.

“Hal ini patut kita syukuri sebagai wujud pengakuan negara atas eksistensi dan peran penting kaum santri terhadap negeri ini,” kata Suratno.

Dalam sambutannya yang juga memuat pesan dari Menteri Agama RI, Suratno mengajak para santri untuk terus belajar dan menguasai ilmu pengetahuan serta teknologi.

“Maka kepada para santri saya berpesan, rengkuhlah masa depan dengan semangat dan ketekunan. Kuasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Teruslah berinovasi dan berkontribusi untuk meraih kegemilangan masa depan Indonesia,” pesannya.

Ia juga menyoroti betapa besarnya peran santri di Magetan. Menurutnya, jumlah santri yang besar di wilayah tersebut menjadi potensi besar bagi kemajuan bangsa, asalkan mereka dapat bersatu dan bekerja keras.

“Alhamdulillah, semangat dari para santri dan tokoh-tokoh pondok pesantren di Magetan sangat luar biasa. Tinggal bagaimana kita, santriwan dan santriwati, bekerja keras untuk merengkuh kebersamaan demi kesuksesan bangsa dan negara,” tambah Suratno.

Baca Juga  Hasil Panen Food Estate Sungguh Diharap Dapat Menekan Harga Beras Yang Terus Naik Dengan Liar

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *