Kabupaten Magetan Miniatur Keberagaman Indonesia Tetap Junjung Keharmonisan

Miniatur Keberagaman Indonesia, Kabupaten Magetan Tetap Junjung Keharmonisan

Beritatrends, Magetan – Pemerintah Kabupaten Magetan melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Magetan melaksanakan Sosialisasi Keberadaan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kabupaten Magetan dan Peningkatan Nilai – Nilai Kebhinekaan Tahun 2022. Bertempat di Joglo Kondang Ayem Tawanganom Magetan, Jawa Timur. Selasa (15/11/2022)

Dalam kegiatan kali ini, turut hadir Wakil Bupati Magetan Hj. Nanik Endang Rusminiarti, M.Pd, Kepala Bakesbangpol Magetan Chanif Tri Wahyudi, FKP Provinsi Jawa Timur, serta para Tamu Undangan lainnya.

Sebagai Informasi, Kabupaten Magetan ini memiliki banyak sekali beragam Suku, Agama, Budaya, maupun Ras, yang mana sangatlah menjunjung tinggi kerukunan dan keharmonisan antar umat maupun budayanya.

Kerukunan, Keharmonisan, dan Toleransi itu semua sudah dibuktikan ada di Kabupaten Magetan, yang mana terletak di Desa Wonomulyo Genilangit, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Yang mana disetiap perayaan hari Agama yang ada di Desa Wonomulyo itu semua masyarakat antar agama saling mendukung satu dengan yang lain.

Seperti yang diutarakan Ketua Pemuda Batak Bersatu DPC Kabupaten Magetan Jaken Beneditus Sinurat atau yang akrab disapa Paijo bahwa sangat bersyukur sekali dengan adanya Sosialisasi Keberadaan FPK Kabupaten Magetan ini.

“Saya selaku Ketua Pemuda Batak Bersatu DPC Kabupaten Magetan sangatlah bersyukur sekali, dan setelah adanya Sosialisasi kali ini sangatlah semakin kelihatan apa saja yang menjadi tujuan dari FPK ini, yang mana dibentuk oleh Pemerintah Kabupaten Magetan itu sangatlah Positif bagi Keberagaman Umat Agama, Suku, Ras, dan Budaya yang ada di Kabupaten Magetan,” jelasnya.

Lanjutnya, kita disini bisa menyatukan antara sesama Etnis, Suku, Ras, dan Budaya yang betul – betul begitu luas, dan ini sangatlah positif bagi kami, khususnya dari Pemuda Batak Bersatu yang ada di Kabupaten Magetan.

“Yang jelas, setelah nanti mendapatkan wawasan dari FPK PRovinsi, FPK Daerah, dan Peran Pemerintah Daerah termasuk Wakil Bupati Magetan, kitaa akan mengumpulkan seluruh orang batak yang ada di Kabupaten Magetan untuk kita berikan sosialisasi bagaimana langkah kita untuk meningkatkan UMKMnya, segala macamnya, dan banyak hal yang harus kita lakukan. Intinya biar bisa menyatukan seluruh umat, ras, suku, dan budaya yang ada di Kabupaten Magetan,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Magetan Chanif Tri Wahyudi menjelaskan FPK ini memang sebagai organisasi masyarakat yang sangat strategis, karena ini sebagai pembina serta pengarah dalam hal keragaman suku, agama, ras, dan budaya yang ada di Kabupaten Magetan.

“Magetan ini sebagai Miniatur Indonesia yang sebenarnya mewakili baik Suku, Agama, Ras, dan Budaya. Sehingga FPK ini mempunyai peran yang sangat strategis di Kabupaten Magetan, dan Bakesbangpol selaku Pembina dari FPK tersebut,” ungkapnya.

Bakesbangpol saat ini selalu melakukan Pendidikan Karakter yang ada di Kabupaten Magetan, kita pertahankan, sehingga Miniatur Indonesia yang ada di Kabupaten Magetan ini tetap ada di Kabupaten Magetan.

Ditambahkan Wakil Bupati Magetan, Hj. Nanik Endang Rusminiarti, M.Pd mengatakan dengan adanya FPK ini diharapkan Suku, Ras, Budaya, dan Agama yang ada di Kabupaten Magetan ini bisa harmonis dan saling toleran.

“Perlu dikatehui, bahwa di Kabupaten Magetan ini beragam suku, ras, dan budaya itu semua ada, dan ini sudah dicontohkan di Dusun Wonomulyo Genilangit Kecamatan, Poncol, Kabupaten Magetan. Ini sudah bisa menjadi tolak ukur bagi kita bahwa kerukunan antar umat beragama, suku, ras, dan budaya itu sudah bagus dan sudah harmonis di Kabupaten Magetan,” jelasnya.

Wakil Bupati Magetan menambahkan, kali ini dalam Sosialisasi FPK ini kita berikan edukasi dan masukan agar turun untuk tetap mensosialisasikan ke desa – desa yang ada di Kabupaten Magetan, dan tujuannya kali ini adalah untuk menyatukan antar umat beragama, ras, dan budaya yang ada di Kabupaten Magetan.

“Dengan Keberadaan FPK yang ada di Kabupaten Magetan sangatlah menguntungkan sekali, dan ini bisa dilihat dari kerukunan antar umat di Magetan ini sangatlah harmonis,” tutupnya.

Pos terkait