Kemeriahan Kirab Budaya Bupati Gading Djoyonegoro

Beritatrends, Ponorogo – Puluhan warga masyarakat tumplek blek memadati sepanjang jalan menyaksikan Kirab Budaya Bupati Gading Djoyonegoro dengan start lapangan Desa Galak-finish lapangan Desa Slahung, Kamis (16/11).

Kirab tersebut diawali start lapangan Desa Galak yang diikuti oleh siswa sekolah dari SMK 1 Slahung, SMPN 1 Slahung, IGTKI, FKPSB Kec. Slahung dari masing-masing perguruan sebanyak 10 dan masyarakat umum.

Kemudian bergabung dengan rombongan pembawa Pusaka dan Forkopimka menuju lapangan Desa Slahung (Finish) yang disambut dengan tarian Reyog Ponorogo. Dilanjutkan pelaksanaan buceng porak di lapangan Desa Slahung.

Camat Slahung Toni Khristiawan S.STP., M.Si mengatakan kirab ini merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan napak tilas sebagai bentuk mengingat kembali perjuangan Bupati Gadingrejo selama menjalankan tugasnya sebagai Bupati di Ponorogo wilayah selatan atau Slahung.

“Untuk rangkaian kegiatan ini dimulai pada tanggal 13 November 2023, Pentas Seni Budaya dan pameran UMKM di lapangan Desa Nailan. Tanggal 14 Novenber 2023, Pentas Seni Budaya dan pameran UMKM di lapangan Desa Galak. Tanggal 15 Novenber 2023, Pentas Seni Budaya dan pameran UMKM, Bedhol Pusaka di halaman pendopo Kecamatan Slahung, dan terakhir pada tanggal 16 Novenber 2023, acara istiqosah, ziarah makam, kirab pusaka, bucek porak dan Karnaval Budaya Djoyonegoro, dimulai dari lapangan Galak sampai pendopo Kecamatan Selahung, “kata Camat Slahung.

Sementara itu, Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko SE, M.M menyampaikan kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian masyarakat Slahung dan sekitarnya melestarikan dan nguri-uri budaya kearifan lokal serta sejarah yang sudah tiap tahun menjadi tradisi secara turun-temurun.

“Kita sangat mengapresiasi dengan kegiatan ini. Semoga dengan acara ini mampu memberikan kontribusi positif kepada masyarakat Slahung dan sekitarnya.Kita juga berharap acara-acara kebudayaan ini akan terus dilestarikan karena dapat menjadi salah satu sumber PAD dan sekaligus mampu menghidupkan ekonomi warga sekitar, “pungkas Bupati Ponorogo.

Baca Juga  Kapolda Bersama Gubernur dan Pangdam Dampingi Presiden Jokowi Kunker di Sumut

Pos terkait