Komponen Masyarakat Kabupaten Magetan Komit Deklarasi Damai Pilkada 2024

Beritatrends, Magetan – Pilkada Serentak 2024 akan segera dimulai. Guna mensukseskan pelaksanaan Pilkada Serentak Polres Magetan menggelar Deklarasi Pilkada Damai Tahun 2024 bertempat di halaman Polres Magetan, Jawa Timur. Senin (19/08/2024)

Turut hadir dalam kegiatan kali ini, Penjabat Bupati Magetan, Komandan Kodim 0804/Magetan, Kejari Magetan, Kapolres Magetan, serta beberapa Komponen Masyarakat yang ada di Kabupaten Magetan.

Dalam deklarasi kali ini, Komponen Masyarakat Kabupaten Magetan berkomitmen dan mendeklarasikan diri untuk :

  1. Menjaga Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang Berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945.
  2. Mensukseskan Pemilukada Tahun 2024 yang Bermartabat, Berintegritas, Jujur, Adil, Aman, Damai dan Demokratis.
  3. Tunduk dan Patuh Pada Peraturan dan Perundang-undangan yang Berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  4. Menolak Segala Bentuk Penyebaran Hoax, Ujaran Kebencian, Money Politik, Politisi Agama, dan Etnis.
  5. Bersama-sama Menjaga Situasi Kamtibmas Tetap Kondusif di Setiap Tahapan Pemilukada Tahun 2024.
  6. Akan Menghormati dan Menghargai Hasil Perolehan Suara Pilkada yang Ditetapkan oleh Penyelenggara Pemilu.

Kapolres Magetan, AKBP Satria Permana, S.H., S.I.K., M.T., M.I.K., mengatakan hari ini tepat pada tanggal 19 Agustus 2024 telah dilakukan kesepakatan bersama antara seluruh elemen masyarakat, Ketua MUI, Ketua FKUB, Ketua IPSI, Perwakilan Mahasiswa, Eks Napiter, dan Parpol Pengusung, untuk mensukseskan Pemilukada 2024 secara Damai.

“Sebelum dilakukannya deklarasi damai tahun 2024 itu dilakukan apel gelar pasukan guna menandakan kesiapan aparat keamanan untuk mengamankan jalannya Pilkada Serentak Tahun 2024 dengan damai dan kondusif, dengan dibarengi dengan kesiapan elemen masyarakat untuk mensukseskan pemilu tahun 2024,” ucap AKBP Satria Permana, Senin (19/08/2024)

Lebih lanjut, Kapolres menjelaskan untuk pengamanan Pilkada Serentak 2024 Polres Magetan telah menyiapkan sebanyak kurang lebih 604 personil pengamanan dan bersinergi dengan TNI sebanyak 203 personil, serta didukung dengan Linmas untuk menjaga kekondusifitas pelaksanaan Pemilu Serentak Tahun 2024.

Baca Juga  Lantaran Sakit Hati, Ini Cuatan Terdakwa Yang Kabur Dari PN Magetan

“Dalam pengamanan menjelang Pilkada Serentak 2024 hingga hari H nya nanti Polres Magetan telah menyiapan sebanyak kurang lebih 604 personil pengamanan, dan bersinergi dengan personil dari TNI sebanyak 203, serta didukung dengan Linmas untuk menjaga kekondusifitas pelaksanaan Pemilu Serentak 2024,” tutup Satria.

Sementara itu, Penjabat Bupati Magetan, Nizhamul menambahkan bahwa telah disaksikan bersama penandatanganan deklarasi damai pemilukada tahun 2024, dan telah dimulai pula simulasi pengamanan menjelang Pilkada serentak 2024 oleh jajaran Polres Magetan.

“Kalau dilihat dari simulasi yang dilaksanakan oleh jajaran Polres Magetan bersama instansi terkait itu saya fikir cukup adem ayem. Jadi kesiapan dari Polres Magetan untuk pengamanan Pilkada Serentak 2024 sudah sangat mantap dan matang,” tutur Nizhamul.

Ia berpesan, semoga dengan adanya Deklarasi Damai dan Simulasi pengamanan menjelang Pilkada Serentak 2024 ini Kabupaten Magetan bisa lebih aman, kondusif, serta sukses dalam pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, Bupati dan Wakil Bupati Magetan Tahun 2024-2029.

“Setelah kita saksikan bersama tadi, mulai dari apel bersama, penandatanganan, dan diakhiri dengan simulasi pengamanan itu berjalan dengan aman dan kondusif, bahkan dari pihak pengamanan sendiri sudah mantap dan matang. Semoga nanti pada tanggal 27 November 2024 pelaksanaan Pemilu serentak di Kabupaten Magetan bisa berjalan dengan aman dan kondusif,” tutup Nizhamul.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *