Gebyar Tembakau Magetan 2023, Bupati : Alhamdulillah Tahun Ini Harga Bagus

Bupati : Alhamdulillah Tahun Ini Harga Bagus

Beritatrends, Magetan – Petani tembakau di Kabupaten Magetan patut tersenyum. Pasalnya, harga jual tembakau tahun 2023 tinggi.

Hal ini disampaikan Bupati Magetan Suprawoto, saat panen raya tembakau lewat event ‘Gebyar Tembakau Magetan’ di Dukuh Ngrobyong Desa Sidomulyo Kecamatan Sidorejo, Jumat (21/07/2023).

“Alhamdulillah, harganya untuk tahun ini bagus, tembakau kering 1 kilogram bisa sampai Rp 280 ribu, sedangkan tembakau basah Rp 8 ribu/kilogram. Ini harga yang paling bagus menurut petani, karena kemarin saat pandemi sempat turun hingga Rp 3 ribu/kilogram” ujarnya.

Bupati menyebut, prospek tembakau di Magetan cerah. Ini lantaran produk lokal dinilai belum dapat memenuhi kebutuhan industri, disusul luas lahan yang kian menurun.

“Dan kebetulan kalau di Sidomulyo termasuk Tembakau Temanggungan (seperti tembakau pegunungan). Disini yang paling favorit Andong Kuning,” sebutnya.

Prospek apik juga tampak dari sebaran petani tembakau yang cukup melimpah di Magetan.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura Perkebunan dan Ketahanan Pangan (DTPHPKP) Magetan, Uswatul Chasanah menyebut, 5 kecamatan di Kabupaten Magetan menjadi penghasil komoditas tembakau. Rinciannya, Kecamatan Sidorejo, Panekan, Plaosan, Parang, dan Takeran yang terhitung baru mulai mengembangkan.

“Tahun 2022 lahan tembakau di Kabupaten Magetan tercatat sebanyak 321 hektar, dengan produktivitas 616 kg/hektarnya atau dengan jumlah produksi 197,9 ton,” paparnya.

Pun soal mitra dengan perusahaan tembakau, Kepala DTPHPKP juga menyebut beberapa perusahaan yang telah mengadakan kerja sama, seperti Perusahaan Djarum dan Unilever Tempurejo.

Baca Juga  Longsor Timpa Rumah Pasutri Di Ponorogo Hingga Terluka

Pos terkait