Rutan Magetan Gelar Donor Darah pada Semarak HDKD ke-78

Wujud akan Peduli Sesama, Rutan Magetan Gelar Donor Darah pada Semarak HDKD ke-78

Beritatrends, Magetan – Donor darah merupakan bentuk kepedulian terhadap sesama dengan membantu penyediaan stok darah yang akan berguna bagi masyarakat yang membutuhkan. Dalam rangka peringatan Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) Ke-78, Salah satu kegiatan sosial yang dilaksanakan serentak di seluruh UPT Pemasyarakatan adalah donor darah. Demikian juga dengan Rutan Magetan Kanwil Kemenkumham Jatim yang bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Magetan untuk menggelar kegiatan donor darah pada Jumat (21/7/2023).

Donor darah kali ini dipusatkan di Aula Rutan dan diikuti oleh Kepala Rutan, Pejabat Struktural, Staf hingga PIPAS (Paguyuban Ibu-ibu Pemasyarakatan). Adapun mekanisme pelaksanaan donor darah diawali dengan registrasi atau pendaftaran.

Selanjutnya peserta donor darah juga harus mengikuti skrining awal sebelum diambil darahnya. Cek suhu, tensi dan kesehatan juga harus dilalui mengingat pendonor harus dalam keadaan sehat untuk dapat mendonorkan darahnya.

Karutan Magetan Eries Sugianto yang turut memantau pelaksanaan kegiatan berharap bahwa kegiatan donor darah yang diadakan memberikan manfaat bagi masyarakat. “Kegiatan donor darah ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Dharma Karya Dhika Ke-78. selain wujud dari kepedulian dari petugas pemasyarakatan terhadap sesama, kegiatan ini juga dapat menjaga kesehatan pegawai dengan melakukan donor darah secara rutin. Serta, Semoga adanya kegiatan ini dapat memberi manfaat bagi mereka yang membutuhkan.,” ucapnya.

Pada akhirnya, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pihak PMI Magetan berhasil mengumpulkan 14 kantong darah dari 16 orang yang melakukan skrining pada kegiatan kali ini.

Baca Juga  Inovasi KPBU APJ Hantarkan Pemkab Madiun Raih Penghargaan Khusus Dari Menteri PPN/Bappenas

Pos terkait