Lagi-lagi Terjadi Penumpukan Sampah, Warga Kebonagung Resah

Abraham menujuk tupukan sampah akibatnya Warga Kebonagung Resah, Sampah Sudah Dua Hari Tidak Ambil Petugas

Beritatrends, Magetan – Sampah di beberapa Rt dan Rw yang berada di Kelurahan Kebonagung Kecamatan Magetan Kabupaten Magetan kembali menggunung seperti beberapa hari ini. Hal itu karena petugas pengambil sampah dari Pemkab Magetan yakni Dinas Lingkungan Hidup menghentikan pengambilan sampah sejak beberapa hari ini.

Warga resah sebab sudah dua hari ini sampah di Kelurahan Kebonagung tidak diambil sehingga menumpuk. Petugas yang mengambil sampah tidak mau mengambil karena sudah mensosialisasikan kepada Desa atau kelurahan bahwa sampah untuk pemungutan dilakukan oleh warga.

Menurut keterangan dari salah satu warga Kebonagung, Abraham Nur Cahyo, bahwa sampah di lingkungannya menumpuk akibat tidak diangkut seperti biasanya oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH). “Ya ini meresahkan. Ini tiba-tiba kok tidak diangkut. Kami kurang tau persoalannya,” kata Abraham.

Sedangkan, menurut informasi dari DLH, bahwa sesuai Peraturan Daerah Kabupaten Magetan Nomor 6 Tahun 2013 tentang Pengelolaaan Sampah, dimana pada intinya sampah dikelola oleh masyarakat desa / kelurahan masing-masing, telah disosialisasikan.

Abraham kemudian membenarkan hal tersebut. “Sudah disampaikan Pak Lurah ketika pertemuan. Hanya saja batasnya sampai kapan kami kurang tau. Pagi hari tadi kok di sekitar Yos Sudarso sampah tidak diambil,” jelasnya.

Selain itu juga muncul permasalahan lain, yakni terkait lahan. “Kalau Pak Lurah menyampaikan ini dikelola oleh warga memang benar. Hanya saja Kebonagung kan tidak punya lahan untuk mengolah sampah,”terang Abraham.

Ia mengaku warga tidak sanggup untuk melakukan pengelolaan sampah karena tidak tersedianya lokasi untuk penimbunan sampah di masing-masing RT.

“Meskipun Pak Lurah telah memberikan solusi agar diolah dan ditipakan di Kelurahan Tawang dengan menambah iuran, akan tetapi sampai kapanpun finalnya belum diberi tahu”.

Diakhir, Abraham berharap agar sampah dapat diambil oleh DLH seperti biasanya. “Ya bagaimana caranya dalam melakukan langkah untuk Kelurahan Kebonagung yang tidak memiliki bank sampah, supaya ada solusi dan kesepakatan dengan pihak kelurahan terutama Kelurahan Kebonagung,” tutupnya.

Pos terkait