Lewat Talkshow ‘Makin Cakap Digital’, Kemenkominfo Ajak Warga Magetan Bijak Bersosmed

Beritatrends, Magetan – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI mengajak warga Kabupaten Magetan, Jawa Timur, untuk bijak dalam bermedia sosial.

Ajakan ini dikemas melalui Talkshow Makin Cakap Digital yang digelar di lapangan Secata Rindam V Brawijaya, Minggu (20/07/2024) malam, bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Magetan.

Dalam talkshow tersebut, Kemenkominfo mendatangkan narasumber berpengalaman, salah satunya Ketua Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi Kabupaten Magetan, Andi Fajar Kurniawan.

Meski hadir secara virtual, Andi Fajar membagikan pengetahuan tentang keamanan digital dan tips mengaktifkan 2FA (Two-Factor Authentication) untuk perlindungan tambahan akun.

“Tidak ada yang aman 100% di dunia digital. Yang bisa kita lakukan adalah mengurangi risiko sebanyak mungkin. Keamanan berbanding terbalik dengan kemudahan, sedikit waspada akan membuat kita lebih aman di dunia digital,” ujarnya.

Para pegiat digital lainnya seperti Alam Kubara Hendriharto dari Digital Advisor Academy dan Bayu Oktara pun turut berbagi tips tentang kecakapan dan etika dalam bermedia digital.

Sementara itu, Pj. Bupati Magetan, Hergunadi hadir langsung dan mengajak masyarakat untuk berpikir dan bertindak positif dalam penggunaan media sosial.

Diharapkan media digital dapat dimanfaatkan secara optimal untuk mendukung kegiatan sehari-hari masyarakat Magetan.

“Kemudahan dalam bermedia digital juga membawa risiko. Rekam jejak digital semakin sulit dihapus, sehingga kita perlu bertindak bijak dan positif dalam menggunakan media digital,” pesan Hergunadi.

Acara ini juga menghadirkan sesi tanya jawab dan penampilan artis Gilga Sahid bersama Gildcoustic Band, yang menambah semarak acara.

Dengan kegiatan ini, diharapkan kesadaran dan kecakapan digital masyarakat Magetan dapat meningkat, sehingga mereka dapat memanfaatkan media sosial secara positif dan bertanggung jawab.

Baca Juga  Pagelaran Seni Reog Di Desa Ngrukem Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *