Libur Lebaran, Pemkot Madiun Siapkan Tim Urai Kemacetan

JADI PEMBICARA—Wali Kota Madiun, Maidi menjadi pembicara pada Focus Group Discussion (FGD) Perencanaan Sektor Perhubungan yang digelar Dinas Perhubungan Kota Madiun di Aula Ayam Goreng Pemuda Kota Madiun, Selasa (4/4/2023). Maidi mengingatkan agar segera tim segera turun mengurai saat terjadi kemacetan di jalan saat libur lebaran nanti.

Beritatrends, Madiun – Untuk mencegah terjadinya kemacetan yang parah Pemerintah Kota Madiun juga menyiapkan tim pengurai kemacetan saat libur lebaran 2023 nanti. Tim itu akan turun manakala melihat laporan dari CCTV atau google map terjadi kemacetan di satu titik ruas jalan di Kota Madiun.

“Kami sudah menyiapkan IT (CCTV) bila terjadi kepadatan hingga kemacetan di ruas jalan di Kota Madiun. Tim nanti segera turun melakukan penguraian kemacetan,” kata Wali Kota Maidi usai mengikuti kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Perencanaan Sektor Perhubungan di Aula Ayam Goreng Pemuda Kota Madiun, Selasa (4/4/2023).

Menurut Maidi, pengurai kemacetan dapat dilakukan dengan model buka tutup jalan hingga merekayasa lalu lintas.

Ia mencontohkan manakala terlihat kemacetan sepanjang 50 meter maka tim harus turun melakukan rekayasa lalu lintas.

Tak hanya itu, kata Maidi, untuk memantau dan pengamanan selama libur lebaran, Pemkot Madiun mendirikan beberapa posko lebaran. Posko lebaran didirikan di ruas Jalan Pahlawan, Alun-Alun Kota Madiun hingga di Terminal Kota Madiun.

Khusus untuk posko lebaran, Pemkot Madiun juga menyiapkan kursi pijat untuk memulihkan stamina pemudik yang kecapekan. “Kalau ada pengunjung atau pemudik yang kecapekan ada tempat istirahat ada dan disediakan kursi pijat,” jelas Maidi.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan, Subakri mengatakan pihaknya sudah menyiapkan sarana prasarana, seperti rambu-rambu serta traffic light menjelang perayaan lebaran tahun 2023. Kesiapan itu dilakukan agar pelaksanaan mudik lebaran tahun ini lebih nyaman dan tertib.

Baca Juga  One Stop Klik :Seluruh Layanan Tertuju Dengan Tepat Dan Cepat

“Kami sudah berkoordinasikan dengan OPD terkait. Kami berharap penyelenggaraan mudik lebaran ini lebih nyaman dan masyarakat lebih terlayani dengan baik,” ujar Subakri.

Mantan Kadis Kominfo ini mengatakan saat libur lebaran persoalan macet di jalan raya menjadi salah satu konsentrasi dan prioritas penanganannya. Terlebih tahun ini warga sudah boleh mudik setelah pandemi covid-19 sudah mereda.

“Kemacetan jalan menjadi konsentrasi kami bagaimana mengurainya dengan cepat. Dengan demikian pengguna jalan merasa nyaman dan tertib saat mudik di Kota Madiun,” jelas Subakri.

Pos terkait