Magetan Launching Calendar Of Event 2023

Calendar Of Event 2023

Beritatrends, Magetan – Pemerintah Kabupaten Magetan melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Magetan launching Calendar of Event 2023 di lapangan Purwodadi, Kecamatan Barat, Kabupaten Magetan, Senin (26/12/2023) malam.

Adapun Calendar of Event 2023, merupakan susunan agenda dari Pemkab Magetan dalam setahun kedepan, mulai dari festival seni, sport tourism, hingga kepurbakalaan yang ada di Magetan.

Kadisparbud Magetan, Joko Trihono, mencatat ada 145 event yang akan digelar di tahun 2023, baik skala lokal hingga internasional. “Dengan banyaknya event yang berkualitas, tentunya akan memberikan sebuah nilai tarik tersendiri bagi orang yang ingin datang ke Magetan. Sehingga dengan adanya Calendar of Event ini, mereka akan menyesuaikan, pada bulan tertentu akan mendapat event tertentu pula,” harapnya.

Demikian halnya dengan Bupati Magetan, Suprawoto, yang turut menyambut dengan optimis gelaran event pada tahun mendatang. Beliau yakin bahwa pandemi Covid-19 akan menjadi endemi sehingga perlu disiapkan melalui Calendar of Event ini. “Kita harus mempersiapkan dengan sebaik-baiknya, karena 2 tahun kita sudah terpuruk, sekarang waktunya bangkit,” pungkasnya.

Bersamaan dengan launching Calendar of Event 2023, pun diramaikan dengan ragam koreo drama kolosal dengan mengusung tema “Jejak Tapak Jalak Lawu”. Dimana tema tersebut menggambarkan mengenai proses bagaimana Prabu Brawijaya melakukan perjalanan suci dari Majapahit menuju ke Gunung Lawu. Disini, isi koreo diramaikan dengan rangkaian tari, caplokan, jathil, barongsai, pencak silat, dan masih banyak lagi, yang tentunya berasal dari berbagai komunitas seni di Magetan.

Meski diguyur hujan, tak menyurutkan antusias para penampil dan penonton hingga akhir acara. Hal ini menarik bagi Bupati Magetan, hingga membuatnya salut. “Saya salut kepada para seniman yang telah berkomitmen menampilkan tampilan terbaiknya. Memang event itu, apapun yang terjadi harus tetep jalan,” kata Bupati Suprawoto.

Turut hadir dalam giat tersebut Bupati Magetan beserta istri, Wakil Ketua DPRD Magetan beserta anggota, Setdakab Magetan, OPD terkait, dan para pegiat seni di Magetan.

Pos terkait