Magetan Perkuat Nasionalisme Lewat Gerakan Pembagian Bendera Merah Putih

Pembagian Bendera Merah Putih

Beritatrends, Magetan – Pemerintah Kabupaten Magetan melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) mencanangkan gerakan pembagian bendera merah putih tahun 2024.

Pencanangan ini ditandai dengan penyerahan bendera kepada perwakilan kelompok masyarakat di Ruang Jamuan Pendopo Surya Graha, Jumat (28/06/2024).

Plt. Kepala Bakesbangpol Magetan, Benny Adrian, mengatakan bahwa gerakan ini dilakukan sesuai instruksi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dalam rangka memperkuat jiwa nasionalisme dan patriotisme.

“Semuanya, baik dari kalangan organisasi, perangkat daerah, maupun masyarakat, diminta untuk membagikan bendera kepada masyarakat lainnya,” ujarnya.

Gerakan ini, lanjut Benny, dilakukan setiap tahun. Pihaknya juga siap mengoordinasikan bantuan bendera untuk disalurkan kepada masyarakat.

“Target kami sebanyak-banyaknya. Jika ada partisipasi warga yang memberikan bantuan lewat kami, tentu akan kami salurkan. Ukuran bendera juga ada ketentuannya, yaitu 80×120 cm,” tegasnya.

Pj. Bupati Magetan, Hergunadi, menyampaikan rasa terima kasih atas peran serta masyarakat dalam menjaga inklusivitas.

Dengan adanya gerakan pembagian bendera merah putih, yang bersamaan dengan penyerahan simbolis program sinergitas antar kementerian/lembaga (BNPT RI), pihaknya mengajak masyarakat untuk selalu menumbuhkan rasa nasionalisme yang tinggi dalam menghadapi era persaingan global.

“Kami harap di lingkungan masing-masing selalu menumbuhkan jiwa-jiwa yang berkaitan dengan menjaga NKRI agar tetap utuh selamanya,” harap Hergunadi.

Gerakan ini menjadi langkah konkret dalam memperkuat rasa kebangsaan dan kesatuan di tengah masyarakat, serta memupuk semangat inklusif yang menjadi pilar penting dalam menjaga keutuhan NKRI.

Baca Juga  15 Hari Lagi Ramadhan : Harga Bahan Pokok Meroket di Atas HET

Pos terkait