Magetan The Nice of Java Championship Resmi Dimulai, Ribuan Atlet Pencak Silat Perebutkan Piala Bergengsi

Beritatrends, Magetan – Gelanggang Gor Ki Mageti, Magetan, Jawa Timur, kembali dipenuhi oleh semangat juang ribuan atlet pencak silat yang siap berlaga dalam ajang bergengsi “Magetan The Nice of Java Championship”.

Sebanyak 1.015 atlet dari berbagai penjuru negeri hadir untuk memperebutkan Piala Kemenpora dan Bupati Magetan dalam kompetisi yang digelar pada Sabtu-Minggu, 10-11 Agustus 2024.

Sekretaris Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Magetan, Saif Muchlisun menjelaskan, pertandingan ini mencakup berbagai kelas, mulai dari seni hingga tanding, dan melibatkan peserta dari kategori pra usia dini, usia dini, pra remaja, remaja, hingga dewasa, baik putra maupun putri.

“Mereka berasal dari beragam latar belakang, seperti perguruan pencak silat, perguruan tinggi, sasana, padepokan, sekolah, serta masyarakat umum,” paparnya, setelah pembukaan resmi, Sabtu (10/08/2024).

Keunikan dari kejuaraan ini terletak pada keragaman asal peserta, yang tidak hanya dari Jawa Timur, tetapi juga dari Jawa Tengah, Yogyakarta, hingga luar Pulau Jawa.

Hal ini menjadi daya tarik tersendiri yang membuat Bupati Magetan Cup tahun ini semakin istimewa. “Untuk tahun ini, yang lebih membanggakan adalah pesertanya bersifat umum dan dari daerah manapun,” tambah Saif.

Menurut Saif, kejuaraan ini tidak hanya difokuskan pada peningkatan prestasi atlet, tetapi juga bertujuan untuk mempererat tali persaudaraan antar-peserta.

“Selain itu kejuaraan ini diharapkan dapat menjadi sarana edukasi untuk mencintai budaya asli bangsa Indonesia, yaitu seni pencak silat,” ungkapnya.

Sebagai bagian dari rangkaian kejuaraan yang telah digelar untuk keenam kalinya, “Magetan The Nice of Java Championship 2024” semakin mengukuhkan pencak silat sebagai olahraga yang tidak hanya mengutamakan kompetisi, tetapi juga menjunjung tinggi nilai-nilai persaudaraan dan cinta budaya.

Baca Juga  Ibas Tinjau UMKM Batik Ecoprint Magetan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *