Meriahkan Hardiknas 2024, Ribuan Siswa Magetan Berkolaborasi dalam Tari Massal

Ribuan Siswa Magetan Berkolaborasi dalam Tari Massal

Beritatrends, Magetan – Suasana di Alun-alun Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Sabtu (25/05/2024) sore, menjadi sangat hidup.

Sebab, sebanyak 2.024 siswa dari berbagai sekolah dasar dan menengah pertama unjuk kebolehan mereka dalam sebuah tari massal.

Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Dikpora) Magetan, Suwata menjelaskan, tari massal bertemakan Nusantara ini digelar untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024.

Selain itu, juga sebagai implementasi dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Kurikulum Merdeka.

“Adanya kegiatan ekstra tari kemudian disandingkan dengan kurikulum merdeka merupakan best practice, baik dari sisi kesenian dan budaya,” jelasnya.

Dengan mengenakan pakaian adat dari 38 provinsi disertai gerakan menari yang enerjik, ribuan siswa seolah menghipnotis penonton dengan penampilan yang memukau.

Suwata mengatakan, tarian ini tidak hanya menunjukkan kreativitas para guru dan siswa, tetapi sekaligus menggambarkan kebhinekaan Indonesia, yakni persatuan dalam keberagaman.

Pj. Bupati Magetan, Hergunadi pun sangat mengapresiasi terselenggaranya acara tersebut. Menurutnya, kolaborasi antar siswa ini merupakan pendidikan yang baik, utamanya mengajak untuk memahami dan menghargai perbedaan.

“Adanya tari dari Sabang sampai Merauke yang dipentaskan, mampu mendidik anak-anak agar berjiwa inklusif, bisa menerima berbagai masukan, dan menghargai perbedaan yang merupakan ciri khas kebhinekaan Indonesia,” ujar Hergunadi.

Setelah ini, perayaan Hardiknas di Magetan bakal terus berlanjut dengan berbagai kegiatan. Diantaranya lomba mewarnai tingkat PAUD, dan puncaknya adalah jalan santai oleh seluruh guru di bawah naungan Dikpora, yang akan digelar pada akhir bulan ini.

Baca Juga  Badan Pendapatan Daerah Rokan Hilir, Mengucapkan Selamat Idul Fitri 1444H/2023M

Pos terkait