Minat Baca Masyarakat di Magetan Meningkat

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Arpus) Magetan

Beritatrends, Magetan – Minat membaca masyarakat di Kabupaten Magetan diklaim meningkat. Hal tersebut dibuktikan dari tingginya jumlah pengunjung perpustakaan yang mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Arpus) Magetan, Suhardi mengatakan, hingga awal bulan November tahun ini jumlah pengunjung perpustakaan telah mencapai angka 35.776. Angka tersebut meningkat dari tahun 2022 lalu yaitu sejumlah 24.197.

“Jumlah tersebut terdistribusi selain kunjungan di gedung induk Dinas Arpus, juga di Graha Literasi dan kunjungan langsung ke masyarakat melalui 4 armada mobil keliling,” jelasnya, saat ditemui awak media di ruang kerjanya, Senin (06/11/2023).

Jumlah tersebut pun juga telah lebih dari yang ditargetkan oleh Dinas Arpus. Meski demikian, pihaknya mengaku terus melakukan upaya guna meningkatkan literasi masyarakat, salah satunya menggandeng kerja sama baik dengan sekolah, pondok pesantren, hingga komunitas terkait.

“Tahun 2023 ini alhamdulillah bisa sinkron dengan program pembelajaran di sekolah yang menggelar outing class, dengan menjadikan perpustakaan sebagai sasaran hingga melebar sampai daerah yang jauh dari kota,” ungkapnya.

Suhardi mengajak agar masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas milik pemerintah ini dengan sebaik-baiknya.

Ia mengklaim, koleksi di Perpustakaan Umum Magetan lengkap bahkan mencapai lebih dari 58 ribu judul buku konvensional.

Kadin Arpus juga berkomitmen terus mengupayakan penambahan koleksi buku, mengingat makin berkembang pula tuntutan masyarakat terkait dengan pengadaan.

“Karena semakin meningkatnya tuntutan masyarakat terkait koleksi, literasi, dan jenisnya, maka setiap tahun kami akan melalakukan peningkatan,” tegas Suhardi.

Baca Juga  Pemkab Magetan Jalin Kerja Sama Pengelolaan Sampah dengan PT Bio Cycle Indo Riau

Pos terkait