Mortir Penemuan Warga Trowulan Diledakan Tim Gegana Polda Jatim Bersama Polres Mojokerto

Tim Gegana Polda Jatim Siap meledakan Mortir Jaman Penjajahan Belanda

Beritatrends, Mojokerto – Tiga Mortir militer ini sebelumnya diserahkan warga ke Polsek Trowulan siang ini Selasa (18/10)Diledakkan oleh Tim Gegana Polda Jatim.

Disposal ( pemusnahan) tiga mortir militer tersebut juga disaksikan Ketua Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Pakis, Kepala Desa (Kades) Pakis serta tokoh masyarakat.

Tim Gegana Sat Brimob Polda Jatim melakukan disposal (pemusnahan) terhadap tiga mortir militer di Petak 45 KRPH Kedung Lumpang BKPH Jabung KPH Jombang tepatnya di Dusun Bancang, Desa Pakis, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Selasa (18/10/2022).

Disposal tiga mortir militer tersebut memakan waktu sekitar dua jam lamanya.Kapolsek Trowulan, Kompol Imam Mahmudi mengatakan, tiga mortir militer tersebut diserahkan dari masyarakat Desa Balongwono.

“Sebelumnya di simpan di gudang. Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, kami arahkan untuk disposal dengan Brimob Polda Jatim,” ungkapnya.

Masih kata Kapolsek, tiga mortir militer tersebut diperkirakan jaman penjajahan antara Belanda dan Jepang. Karena ketiga mortir militer tersebut masih aktif sehingga pihak Polsek Trowulan berkoordinasi dengan Jibom Tim Gegana Sat Brimob Polda Jatim.

Ada tiga mortir militer, dua jenis proyektir dengan ukuran 9 cm dan panjang 41 dan satu mortir dengan ukuran 8 cm dan panjang 26 cm. Ketiga mortir militer tersebut memiliki ledakan hingga radius kurang lebih 500 meter hingga 1 km. Sebelumnya, petugas membuat lubang untuk digunakan sebagai lokasi disposal. Ketiga mortir militer tersebut dimasukkan ke dalam lubang tersebut.

Pos terkait