Optimalkan Dana Desa Untuk Program Pengungkit Melalui Pemberdayaan

Salah satu tempat wisata di salah satu desa yang mendatangakan penghasilan dan menciptakan lapangan kerja warga desa

Beritatrends, Magetan – Dalam rangka Mendukung Progaram Bupati Dr. Drs. H Suprawoto, SH. M.Si yaitu Magetan Bangkit Magetan Tumbuh, maka Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa melakukan banyak hal demi tercapainya tujuan program tersebut.

Kepala Dinas PMD Magetan Eko Muryanto mengatakan,  Pak Bupati inikan ingin kesejahteraannya seluruh masyarakatnya dimasa pandemic ini oleh sebab itu kita PMD terus melakukan Monev karena karena Pemerintah Desa itu merupakan bagian dari Pemerintah Daerah harus sejalan dengan visi dan misi Pak Bupati.

“Hal-hal yang dapat dilakukan akan kami lakukan di  tahun 2021, kemudian direncanakan lagi di tahun 2022, yang pertama adalah saya menghimbau kepada temen-temen yang ada di Pemerintah Desa baik itu stikholdernya termasuk itu Bapak/Ibu BPD, nyuwon tulong (Minta tolong) pembangunan pisik mohon untuk dikurangi dalam arti bukan dilarang,”pinta Eko.

Jadi selama ini evaluasi kami di Pemerintah Desa selalu membangun fisik dan lainnya juga non fisik dalam pemberdayaan harus dilaksanakan.

Apa saja yang bisa dilakukan untuk pembanguan Non fisik yang pertama optimalisasi peran BUMDES dengan melihat potensi  real yang dimiliki desa. Potensi real ini saya mohon juga libatkan stikholder teman-teman saya yang bergerak dalam bidang pendataan potensi desa seperti pendamping, kemudian teman-teman media yang tahu potensi persis Desa.

Apa itu potensi Desa yang pertama harus ada data potensi desa, profil desa, itu menjadi alat untuk bagaimana untuk menjual asset-aset Desa, tanda kutip potensi desa ini berkembang dan bisa ditangkap oleh pihak ke 3. Ini arahan dari Pak Bupati karena nyuwon Sewu (Minta Maaf) ketika mau memberdayakan ini dilakukan tidak hanya dari pemerintah, agar tumbuh dan berkembang dari desa itu lambat laun bisa berkembang seperti di Geni Langit.

“Ini bisa seperti itu karena ada keinginan dari masyarakat untuk berubah, kemudian Pemerintah Desa memfasilitasi potensinya, dikala bersama-sama dengan stakeholder baik temen-temen yang bergerak di bidang media, LSM, lalu visi misi membangun juga aparatur pemerintah desanya bergerak kesana, sehingga jadilah Geni Langit seperti yang kita lihat sekarang. Ini contoh,”papar Eko.

Kemudian yang kedua arah kebijakannya mencintai lingkungan tentu program ini jangan dianggap semua kebijakan pemerintah itu proyek. Artinya ketika kita punya program untuk penanaman pohon tanggal 28/11/2021 kemarin kita melakukan gerakan nasional penanaman pohon itu merupakan bentuk kepedulian masyarakat lingkungan dan itu nanti memang dampaknya bisa dirasakan oleh masyarakat 10 – 20 tahun yang akan datang, tetapi paling enggak yang diberikan amanah ini turut hadir dalam pengembangan utamanya menjaga kelestarian alam.

Yang ke 3 yang ingin saya sampaikan optimal dana desa untuk program pengungkit, melalui pemberdayaan melibatkan semua stikholder, mari sama-sama kita terbuka dengan potensi yang ada dan kita garap bersama sesuai dengan keahliannya masing-masing.

“Dan tidak kalah pentingnya yang ke 4 adalah visi misi kepala desa tidak boleh keluar dari visi misi kepala daerah karena berada dalam satu sistem pemerintahan itu beberapa hal yang dapat saya sampaikan,”pungkas Eko.

 

 

Pos terkait