Pameran Tosan Aji 2024 Ditutup : Edukasi Budaya dan Peningkatan Ekonomi

 

Beritatrends, Magetan – Pameran Tosan Aji 2024 “Joyo Jayaning Nuswantoro” jilid 4 yang digelar di Gedung Kesenian Tripadita, Kabupaten Magetan, Jawa Timur resmi ditutup, Minggu (14/07/2024) malam.

Penutupan acara ini disemarakkan oleh pagelaran wayang kulit yang menampilkan dalang cilik Brian Putro Antoni dengan lakon Gathutkoco Jedhi, didampingi oleh dalang remaja Radis Dzaki Mahendra dan diiringi karawitan dari Sanggar Siswo Mudho Laras.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Magetan, Joko Trihono, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada semua pihak yang telah ikut menyukseskan acara ini.

Menurutnya, kolaborasi indah antara OPD dan berbagai komunitas selama empat hari acara sukses meningkatkan perputaran ekonomi di Kabupaten Magetan hingga setengah miliar rupiah.

“Acara ini bukan hanya mencari sebuah gebyar saja, namun bagaimana kegiatan ini mampu menggerakkan sektor-sektor ekonomi sekitar,” jelas Joko.

Meskipun ada penurunan pada bursa tosan aji dibandingkan gelaran tahun sebelumnya, Joko tetap optimis bahwa acara ini bisa dikembangkan lebih baik lagi di masa mendatang.

Lebih jauh, dampak yang diberikan melalui Pameran Tosan Aji yang menampilkan 200 bilah keris dan pusaka, dinilai mampu memberikan edukasi budaya kepada pengunjung.

Menurut Joko, edukasi semacam ini perlu rutin diadakan untuk menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap keris sebagai warisan budaya.

“Ada sebuah pepatah mengatakan, Wong Jowo Ilang Jowone. Jangan sampai itu terjadi,” pesannya.

Baca Juga  Sagang Nainggolan Minta Data Kesbangpol Penerima Hibah khusus nya Ormas Tahun 2022

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *