Parade Surya Senja Magetan Kembali Digelar

Beritatrends, Magetan – Setelah sempat vakum selama beberapa bulan, Parade Surya Senja kembali digelar oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Magetan di Alun-alun setempat, Selasa (17/09/2024).

Acara yang diadakan setiap tanggal 17 ini tidak hanya menjadi momen upacara penurunan bendera, tetapi juga menampilkan berbagai kesenian budaya dari siswa sekolah, serta kreasi dan potensi lokal dari berbagai kecamatan.

Kali ini, Komandan Kodim (Dandim) 0804/Magetan, Letkol Inf Hasan Dasuki bertindak sebagai inspektur upacara, sementara penampilan seni dan budaya diisi oleh Kecamatan Karas.

Mereka menampilkan seni reog, tari tradisional, teatrikal dan musik, serta pameran produk UMKM lokal. Penampilan ini berhasil memukau para penonton yang berbondong-bondong hadir di acara tersebut.

Menurut Plt Kepala Bakesbangpol Magetan, Yok Sujarwadi, Parade Surya Senja sempat terhenti karena kendala cuaca hujan dan padatnya agenda pemerintah daerah, termasuk persiapan Pemilu. Namun, dengan antusiasme masyarakat yang sangat tinggi, kegiatan ini kembali digiatkan.

“Kedepannya, Parade Surya Senja akan kembali rutin digelar setiap bulan. Kegiatan ini juga menjadi sarana pembentukan karakter, khususnya bagi anak-anak sekolah, serta memberi ruang bagi setiap kecamatan untuk menampilkan potensi daerah mereka, baik dalam bentuk seni, budaya, maupun produk UMKM,” jelas Yok.

Meski begitu, tahun ini Yok menyebut hanya akan ada satu kali lagi Parade Surya Senja, karena pada bulan Oktober dan November mendatang akan disibukkan kembali dengan perayaan Hari Jadi Magetan serta Pilkada.

“Mungkin kita baru bisa melanjutkan pada bulan Desember, tentu dengan memperhatikan kondisi cuaca. Tantangan hujan tetap harus dipikirkan bersama,” imbuhnya.

Parade Surya Senja diharapkan dapat terus menjadi wadah untuk memperkenalkan potensi lokal Magetan, sekaligus memperkuat ikatan budaya dan kebersamaan masyarakat.

Baca Juga  Kasi Pelayanan Desa Pojok, Gugat Perdata Pemda Magetan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *