Pelajar SMKN 1 Bendo Ikuti Talk Show Pentingnya Bisa Berbahasa Asing

Talk Show bertema “Kerja Keluar Negeri dengan Aman dan Nyaman” digelar di SMKN 1 Bendo bekerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja Magetan.

Beritatrends, Magetan – Talk Show bertema “Kerja Keluar Negeri dengan Aman dan Nyaman” digelar di SMKN 1 Bendo bekerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Magetan, Senin (28/3/2022).

Acara ini dihadiri oleh Bupati Magetan, Kepala UPT BP2MI Provinsi Jawa Timur, Kadisnaker Magetan, Kepala Sekolah SMKN 1 Bendo dan undangan lainnya.

Talk show menghadirkan nara sumber Jumino, S.E. dari PT. Barakahyu Safarindo dan Hudi Setyono dari LPK Bina Nusantara Sejahtera diikuti siswa-siswi kelas XII SMKN 1 Bendo.

Diawali dengan pemberian hadiah kepada para Siswa pemenang lomba Motorcycle Repair & Maintenance, Plumbing & Heating 2022 ditingkat Provinsi dan Nasional.

Tujuan diselenggarakannya talk show ini adalah guna memberikan edukasi dan informasi terkait kebijakan Pemerintah mengenai bekerja di luar negeri.

Bupati Magetan Suprawoto, mengungkapkan jika siswa harus mempunyai kemampuan untuk belajar bahasa asing agar mampu menyokong keperluan mereka bekerja di luar negeri.

“Hindari menjadi unskilled worker, ingat ikuti guru dan kuasai bahasa asing karena jika kita mempunyai kemampuan lebih itu akan mempermudah kegiatan bekerja kalian di luar negeri” tambah Bupati.

Selain itu, Penggunaan jalur resmi di anjurkan supaya, kita para pekerja yang bekerja di luar negri (Pahlawan Devisa Negara) perlu mendapatkan pelindungan hukum yang penuh.

“Terimakasih kepada penyelenggara Disnaker yang telah menghadirkan pembicara narasumber yang kompeten, karena di era pandemi ini tentu kita juga kesulitan dalam lapangan pekerjaan. kita perlu membuka wawasan bahwa lapangan pekerjaan selain di Indonesia juga bisa kita dapatkan di luar negri,” jelas Suprawoto.

Pemerintah dan kementrian juga akan memfasilitasi dalam hal penyaluran tenaga kerja ke luar negeri ini, sehingga bisa meminimalisasi permasalahan permasalahan yang akan muncul jika warga RI bekerja ke luar negri dengan jalur yang tidak resmi.

“Dengan adanya ini (Talk Show) kami harap bisa membantu para pekerja Indonesia untuk bisa mendapatkan perlindungan hukum sepenuhnya,” imbuhnya.

Biasanya anak anak kita yang bekerja di luar, memiliki hak cuti, jatah libur dan sebagainya, tergantung dengan pekerjaannya.

“Saya juga terus menghimbau, untuk para pekerja di luar negeri untuk menabung, dan jika pulang ke tanah air, bisa digunakan untuk ber usaha di tanah air, dan juga bisa ikut membangun daerah dan tanah air kita sendiri,” pungkas Bupati Suprawoto.

Pos terkait