Pemda Landak MOU dengan Yayasan Solidaridad Network Indonesia

Beritatrends, Landak – Pj. Bupati Landak Dr. Gutmen Nainggolan Memberi Arahan Pada Penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemerintah Kabupaten Landak dengan Yayasan Solidaridad Network Indonesia, Selasa (24/09/2024).

Dalam sambutannya Pj. Bupati Landak Menyatakan bahwa sektor pertanian baik sub sektor tanaman pangan, hortikultura dan perkebunan di Kabupaten Landak sudah terbukti menjadi salah satu tulang punggung mata pencarian masyarakat Kabupaten Landak.

“Pada tahun 2023 dari lapangan usaha menjadi penyumbang terbesar dalam PDRB Kabupaten Landak atas dasar harga berlaku menurut lapangan usaha yaitu sektor pertanian, perikanan dan kehutanan menyumbangkan nilai PDRB sebesar 5.094.206.090.000,- (lima triliun sembilan puluh empat milyar dua ratus enam juta sembilan puluh ribu rupiah) atau 37,23%,” ucapnya.

Dalam kesempatan ini Gutmen mengatakan adalah tugas semua untuk memastikan seluruh pekebun memenuhi semua standar dan regulasi agar produk perkebunan yang dihasilkan memiliki daya saing di pasar domestik dan diperbolehkan masuk pasar global.

“Oleh karena itu, diperlukan langkah-langkah strategis memastikan semua praktek usaha perkebunan baik milik masyarakat maupun perusahaan dijalankan sesuai dengan proses agrikultur yang baik dan berkelanjutan (good and sustainable agricultural process),” harapnya.

Pj. Bupati Landak Gutmen Nainggolan memberikan apresiasi kepada yayasan Solidaridad Network Indonesia yang berinisiatif menggandeng Pemerintah Kabupaten Landak dalam mendampingi petani di wilayah Kabupaten Landak untuk dapat memenuhi kriteria pelaksanaan praktek perkebunan yang berkelanjutan dan berkeadilan.

“Kami, Pemerintah Kabupaten Landak menyambut baik inisiatif ini yang kemudian diwujudkan dalam bentuk suatu kesepakatan bersama antara pemerintah kabupaten landak di bidang pertanian, perkebunan dan pengembangan kelembagaan ekonomi masyarakat dalam maksud meningkatkan kuantitas dan kualitas komoditas yang lestari dan ramah lingkungan di Kabupaten Landak,” harap Gutmen.

Baca Juga  Pangdam II/Sriwijaya Memberi Arahan Kepada Prajurit Yonif 143/TWEJ Di Damping Danrem 043/Gatam Dan Para Asisten Kodam

Gutmen Saya mengharapkan, setelah penandatangan kesepakatan bersama ini, yang dilanjutkan dengan penandatanganan perjanjian kerjasama dengan beberapa organisasi perangkat daerah yang lain.

“Saya harapkan semua pihak langsung beraksi nyata sesuai dengan tugas dan tanggung jawab serta kewenangannya dalam mendampingi dan memfasilitasi petani kita agar dapat memenuhi kriteria sebagai petani yang menjalankan praktek pertanian yang berkelanjutan sehingga dapat menghasilkan produk pertanian yang berdaya saing global,” harapnya.

Turut hadir Pimpinan Yayasan Solidaridad Network Indonesia, Staf Ahli Bupati, Asisten Setda Landak, Kepala Badan, Kepala Dinas Terkait, Kepala Bagian Pemerintahan dan Kesra Setda Landak, Kepala Bagian Hukum Setda Landak, Kesejahteraan Rakyat,Pengurus Koperasi Produsen Samih Inovatif dan Kreatif Serta Pengurus Koperasi Titian Sejahtera.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *