Pemkab Madiun Gelar Konsultasi Publik KPBU Pembangunan Infrastruktur Jalan

GELAR KONSULTASI–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Madiun menggelar Konsultasi Publik Penyusunan Outline Bussiness Case (OBC) terkait skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) untuk pembangunan infrastruktur jalan di Pendapa Muda Graha Kabupaten Madiun, Jumat (3/11/2023).

Beritatrends, Madiun – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Madiun menggelar Konsultasi Publik Penyusunan Outline Bussiness Case (OBC) terkait skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) untuk pembangunan infrastruktur jalan di Pendapa Muda Graha Kabupaten Madiun, Jumat (3/11/2023).

Penjabat Sekda Kabupaten Madiun, Sodik Heri Purnomo saat membuka kegiatan itu menyatakan tujuan KPBU pembangunan infrastruktur jalan untuk mempercepat akses dan menumbuhkan pusat pusat ekonomi baru. Dengan demikian, investasi akan lebih cepat masuk dan berkembang di Kabupaten Madiun.

“Kita berharap (pelaksanaan kerjasama) lebih cepat, karena kita sudah punya pengalaman (skema KPBU) yakni APJ (Alat Penerangan Jalan). Uji publik ini untuk menyerap aspirasi masyarakat melalui stakeholder ini. Untuk kami berharap KPBU jalan ini bisa tuntas dalam waktu secepatnya,” kata Sodik.

Kegiatan Konsultasi Publik Penyusunan Outline Bussiness Case (OBC) skema KPBU pembangunan infrastruktur jalan di hadiri pimpinan DPRD Kabupaten Madiun, perwakilan organisasi perangkat daerah hingga kepala desa.

Untuk pembangunan jalan melalui skema KPBU, kata Sodik, Pemkab Madiun tidak memerlukan perubahan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW). Pasalnya pembangunan jalan akan dikonsentrasikan di wilayah Caruban dan sekitarnya.

“Kami akan berkonsentrasi (pembangunan infrastruktur jalan dengan skema KPBU) di wilayah Caruban dulu. Selain itu juga menjangkau wilayah – wilayah yang dianggap strategis, karena pembiayaan kita perhatikan juga sehingga tidak membebani APBD kita,”tutur Sodik.

 

Penjabat Sekda Kabupaten Madiun, Sodik Heri Purnomo saat membuka kegiatan Konsultasi Publik Penyusunan Outline Bussiness Case (OBC) terkait skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) untuk pembangunan infrastruktur jalan di Pendapa Muda Graha Kabupaten Madiun

Direktur Pengembangan Pendanaan Pembangunan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Sri Bagus Guritno mengapresiasi kesuksesan Kabupaten Madiun memprakarsai skema KPBU.

Baca Juga  Direksi Beserta Jajaran PDAM Bengkayang Mengucapkan Selamat Tahun Baru Imlek 2022

Kondisi itu menunjukkan kepala daerahnya yang responsif dalam mempercepat pelayanan kepada masyarakat. Untuk itu penggunaan skema KPBU menjadi salah satu upaya pemerintah membangun infrastruktur jalan agar pelayanan yang diberikan kepada masyarakat lebih baik.

“Pemerintah Daerah menggunakan skema KPBU untuk mempercepat pelayanan kepada masyarakat. Dan ini terjadi karena kepala daerahnya lebih responsif untuk melayani masyarakat lebih baik dan lebih cepat,” demikian Bagus.

Pos terkait