Pemkab Magetan Beberkan Arah Kebijakan Rencana Pembangunan Daerah Tahun 2024-2026

Bupati : Rencana Pembangunan Daerah Tahun 2024-2026

Beritatrends, Magetan – Melalui Forum Konsultasi Publik, Pemerintah Kabupaten Magetan fasilitasi diskusi mengenai Rencana Pembangunan Daerah (RPD) dalam periode tahun 2024-2026, di Pendopo Surya Graha, (11/1/2023). Forum tersebut diikuti oleh Bupati Magetan, jajaran Forkopimda, OPD, Camat, dan Organisasi Masyarakat se-Kabupaten Magetan.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Magetan, Elmy Kurnianto Widodo, menyatakan bahwa forum ini merupakan awal dari pembentukan RDP guna menyerap masukan dari seluruh stakeholder atas kinerja perangkat daerah. Selain itu juga sebagai media pembentukan komitmen seluruh stakeholder dalam keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, dan pengawasan pembangunan daerah.

Penyusunan RPD tentu memperhatikan hal-hal yang sangat mendasar, salah satunya penjaringan isu strategis yang ada di Kabupaten Magetan itu sendiri, baik berasal dari mandat RPJPD, evaluasi kinerja pembangunan dan keuangan, serta dari survey persepsi masyarakat.

Adapun isu tersebut mengarah kepada Sumber Daya Manusia (SDM), pertumbuhan ekonomi, reformasi birokrasi, revitalisasi lingkungan hidup, pembangunan infrastruktur, dan pemerataan kesejahteraan.

Menurut keterangan dari Bupati Suprawoto, bahwa dari penjaringan isu yang ada, kemudian didapatkan poin arah pembangunan Magetan ke depan, antara lain meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui sistem ekonomi kerakyatan, mewujudkan SDM berkualitas dan berdaya saing, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, meningkatnya tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih, dan mewujudkan pembangunan yang berasaskan lingkungan hidup berkelanjutan.

Setelah adanya forum diskusi ini, diharapkan Perangkat Daerah dapat segera melakukan penyusunanan RDP dan Renstra (Rencana Strategis) untuk periode selanjutnya. “Prioritaskan program kerja yang berdampak langsung dan menjawab permasalahan dari masyarakat,” pesan Bupati.

Pos terkait