Pemkab Magetan Ziarah Leluhur Jelang Hari Jadi ke-349

Beritatrends, Magetan – Menjelang peringatan Hari Jadi ke-349 Kabupaten Magetan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat menggelar rangkaian ziarah ke tujuh makam leluhur pendiri Magetan, Kamis (03/10/2024).

Ziarah ini merupakan tradisi yang sarat makna, bertujuan menghormati jasa para tokoh yang telah membentuk sejarah panjang Kabupaten Magetan.

Rombongan ziarah dipimpin langsung oleh Pj Bupati Magetan, Nizhamul, dan diikuti oleh jajaran Forkopimda, Asisten, serta Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Prosesi yang berlangsung khidmat ini diawali dengan tabur bunga di Makam Ki Mageti, dan dilanjutkan ke makam tokoh-tokoh lain, yakni Yosonegoro, Nrangkusumo, Maduretno, Kertonegoro, Purwodiningrat, serta Ronggo Galih.

Pj Bupati Nizhamul menekankan pentingnya tradisi turun temurun ini sebagai bentuk penghargaan kepada para pendiri daerah.

“Tradisi ini sangat luar biasa bagaimana masyarakat maupun tokoh dan pemerintahnya selalu mengingat pahlawan dan pendahulunya yang luar biasa,” ujarnya.

Pihaknya mengajak masyarakat untuk melestarikan tradisi agar dapat terus terlaksana setiap tahunnya.

“Tradisi seperti ini perlu dilestarikan jangan sampai terputus bahwa sejarah Magetan sangat luar biasa,” ungkapnya.

Selain prosesi ziarah, dalam kesempatan tersebut juga dilakukan penyerahan bantuan sembako secara simbolis kepada warga sekitar makam.

Kegiatan ini menjadi wujud kepedulian sosial dari pemerintah terhadap masyarakat, sekaligus memperkokoh semangat gotong royong yang menjadi ciri khas Magetan.

Baca Juga  Kasus Pelemparan Bom Molotov di Kutalimbaru Mandek

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *