Pemkab Ponorogo Luncurkan Layanan Nomor WA Pengaduan 081228010201

Pemkab Ponorogo Luncurkan Aplikasi Pengaduan Masyarakat Berbasis WhatsApp

Beritatrends, Ponorogo – Pemerintah Kabupaten Ponorogo meluncurkan Aplikasi pengaduan masyarakat berbasis WhatsApp “Suara Ponorogo”.

Peluncuran nomor WhatsApp aduan warga Ponorogo kepada Pemerintah ini bersamaan dengan peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2022 yang digelar Kominfo Ponorogo di Gedung Sasana Praja, Ponorogo, Selasa (15/2/2022).

Suara Ponorogo merupakan layanan aduan berbasis WhatsApp, dengan cara mengirim aspirasi atau aduan warga ke nomor WhatsApp 081228010201.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Ponorogo, Bambang Suhendro mengatakan, program layanan pengaduan masyarakat ini mengacu kepada percepatan transformasi digital, juga dalam rangka mewujudkan pelayanan publik yang prima.

“Kita mencari cara yang mudah agar warga melaporkan apapun kepada kita, terkait yang terjadi di lapangan,” terangnya.

Ia menjelaskan, laporan masyarakat akan ditanggapi selama 24 jam oleh Admin yang telah disiapkan Kominfo, yang akan mendistribusikan laporan kepada OPD terkait.

“Sehingga, setiap ada permasalahan pemerintah bisa cepat hadir dan menanggani,” jelasnya.

Caranya, pelapor disarankan untuk memilih kategori dan mengirimkan bukti berupa gambar dan lokasi. Dan selanjutnya pelapor akan menerima notifikasi berupa paket laporan.

Prosesnya, laporan dari masyarakat akan masuk ke admin di Kominfo Kabupaten Ponorogo, dan laporan akan diteruskan ke instasi terkait untuk ditindaklanjuti.

Laporan akan ditanggapi oleh instasi terkait dengan penanganan sesuai kebutuhan lapangan.

Dan apabila sudah ditindaklanjuti, pelapor akan menerima notifikasi atas aduan lengkap dengan penanganan.

Bambang Suhendro mengungkapkan, untuk mensukseskan program ini pihak Kominfo juga telah memberikan bimtek kepada seluruh OPD dan kecamatan di seluruh Ponorogo.

“Setelah hari ini di luncurkan bisa langsung digunakan oleh seluruh masyarakat,” ujarnya.

Pos terkait