Penyampaian Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban dan Paripurna Internal Perubahan Alat Kelengapan DPRD

Paripurna Internal Perubahan Alat Kelengapan DPRD

Beritatrends, Tulang Bawang Barat – Rapat paripurna penyampaian LKPJ Tahun 2022 tersebut digelar di ruang rapat DPRD Tubaba. Dihadiri Ketua dan wakil ketua serta 22 anggota DPRD Tubaba, Sekda Tubaba, Kepala SKPD, para pejabat tinggi pratama, pejabat asministratur, dan penjabat pengawas di lingkungan pemerintah Tubaba

“Dalam kesempatan tersebut Zaidirina PJ Bupati Tulang Bawang Barat menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kinerja yang telah dihasilkan oleh DPRD Kabupaten Tulang Bawang Barat.

Dirinya menyebutkan rekomendasi yang diberikan merupakan evaluasi penyelenggaraan pemerintahan daerah dalam upaya perbaikan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah di masa depan.

Pada tahun 2022 yang lalu, sudah banyak keberhasilan yang kita capai di berbagai bidang. Meskipun kita harus akui juga, masih terdapat kekurangan di sana-sini atau bahkan ketidakpuasan di masyarakat permasalahan pembangunan, ‚ÄĚkata Zaidirina dalam sambutannya, Senin 27/3/2023.

Kemajuan dan capaian pembangunan yang telah dicapai di berbagai bidang bukan semata-mata kerja keras Pemerintah Daerah, namun merupakan kerja keras kita bersama. “Untuk itu saya sampaikan ucapan terima kasih yang sebanyak-banyaknya kepada seluruh pelaku pembangunan di Kabupaten Tulang Bawang Barat jajaran pemerintah, para pelaku usaha tokoh agama tokoh masyarakat organisasi masyarakat serta seluruh komponen masyarakat yang telah memberikan dukungan terhadap penyelenggara pemerintah dan pembangunan di Kabupaten Tulang Bawang Barat ini” ungkapnya.

Lanjutnya, saya ingin mengucapkan terima kasih atas kerjasama semua pihak yang telah mencurahkan segenap pikiran, waktu dan tenaga melalui masukan dan saran yang konstruktif, untuk perbaikan dan peningkatan kinerja penyelenggaraan pemerintahan yang lebih baik lagi.Semoga kita semua dapat bersama sama meneguhkan diri untuk terus menanamkan kebaikan di Kabupaten Tulang Bawabg Barat yang kita cintai ini.

Baca Juga  Hari Ketiga, Bupati Karo Melantik Kepala Desa Terpilih dan Ketua TP. PKK Se Kecamatan Munte, Tigabinanga dan Juhar

Pilar ekonomi berdasarkan hasil penghitungan PDRB Tahun 2022 angka PDRB atas dasar harga berlaku mencapai 13,233 Triliun dengan kontribusi dari sektor pertanian kehutanan dan perikanan masih menjadi penyumbang sebesar 43,98% Kabupaten Tulang Bawang Barat memiliki pertumbuhan ekonomi sebesar 4,49% pada Tahun 2022 dari target kita sebesar 4% atau terealisasi 12% Dan ini juga meningkat tajam jika dibandingkan dengan tahun 2021 yang mencapai 2,89%.

Program penyediaan dan pemeliharaan infrastruktur di Tahun 2022 terdiri dari:

  • – Program pengelolaan sumber daya air untuk perbaikan irigasi.
  • – Program pengembangan pemukiman sebagai pendukung program TNMD dalam pengembangan wilayah.
  • – Program penyelenggaraan jalan dengan peningkatan jalan sepanjang 23,305 Km, dan pemeliharaan rutin jalan sepanjang 105, 15 Km.
  • – Program pengelola dan pengembangan sistem penyediaan air murni tersebar di 11 Tiyuh (Desa).

Program unggulan dalam peningkatan perekonomian yang sudah berjalan di Tahun 2022 dan akan dilanjutkan di tahun 2023 terdiri dari :

  • – Program Nenemo Mandiri Pangan yang terdiri dari kolam kebun kandang dan wisata.
  • – Pasar ternak pasar ternak terpadu dengan pusat data dan informasi ternak, bank pakan dan demplop budidaya.
  • – Pendukung E-KBB yang terintegrasi dengan Smart Village Tiyuh Calak.
  • – Dalam pelaksanaan tugas pengendalian inflasi dilakukan dengan melakukan identifikasi bermasalah langkah-langkah yang dilakukan TPID dan Satgas pangan serta rekomendasi kebijakan dalam pengendalian inflasi daerah.

Secara umum komponen pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2022 meliputi pendapatan daerah belanja daerah dan pembiayaan daerah disampaikan oleh Zaidirina sebagai berikut :

  1. -Realisasi pendapatan sebesar Rp 867,42 miliar atau sebesar 95,45% dari target yang ditetapkan.
  2. – Realisasi belanja daerah sebesar Rp.839,85 miliar atau sebesar 94,58% dari target yang ditetapkan.
  3. – Realisasi penerimaan pembiayaan daerah sebesar Rp 10, 6 miliar atau sebesar 49,72%
  4. – Realisasi pengeluaran pembiayaan sebesar Rp.37,588 miliar atau 91,78% dari tar

Pos terkait