Peringati Hari Jamu Nasional, Kadinkes Magetan Ajak Budayakan Konsumsi Jamu

Beritatrends, Magetan – Hari ini, 27 Mei 2023, diperingati sebagai Hari Jamu Nasional.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Magetan memeriahkannya dengan menggelar kegiatan “Minum Jamu Bersama” yang diawali dengan senam pagi, di depan Mall Pelayanan Publik (MPP) Magetan, Sabtu (27/05/2023) pagi.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinkes Magetan, dr. Rohmat Hidayat mengajak masyarakat untuk kembali budayakan konsumsi jamu.

“Mari sama-sama budayakan kembali mengkonsumsi jamu, karena jamu produk asli Indonesia dan para leluhur sudah membuktikan khasiatnya,” ajak Kadinkes.

Ratusan produk jamu seperti kunir asem, beras kencur, hingga mint dan bunga telang yang telah memenuhi persyaratan kesehatan, dibagikan secara cuma-cuma.

Sementara itu baik kader, pengelola program kesehatan tradisional di seluruh puskesmas di Magetan, hingga masyarakat umum tampak antusias mengikuti kegiatan ini.

Menurut dr. Rohmat, dengan rutin mengkonsumsi jamu, kesehatan dan daya tahan tubuh akan terjaga, sehingga tidak mudah terserang penyakit.

“Dengan rutin mengkonsumsi jamu, kesehatan kita bisa tetap terjaga dan membantu menurunkan penyakit generatif, utamannya seperti hipertensi, kencing manis, dan sebagainya,” terangnya.

Ia menambahkan, jamu juga mudah didapatkan dengan memanfaatkan tanaman yang ada di sekitar.

“Selain itu di Magetan juga banyak UMKM jamu binaan dari Dinkes yang telah memenuhi persyaratan kesehatan, sehingga insyaallah aman,” pungkas Rohmat.

Sebagai informasi, selain senam pagi dan minum jamu bersama, kegiatan juga diramaikan dengan memfasilitasi pelayanan kesehatan, seperti pemeriksaan tekanan darah dan gula darah, serta konseling akupresur dan ramuan.

Pos terkait