Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Kapolres Asahan Sampaikan Momen Pemersatu Bangsa Indonesia

  • Whatsapp

Kapolres Bersama bersama Forkopimda usai upacara.

Beritatrends, Asahan – Kapolres Asahan AKBP Putu Yudha Prawira SIK MH menghadiri Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 01 Oktober 2021 bertempat di Halaman Kantor Bupati Asahan, Jum’at (01/10/2021) pagi.

Pelaksanaan upacara ini dipimpin oleh Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin Siregar, S. Sos, M. Si dan dihadiri oleh Ketua PN Kisaran, Mewakili Dandim 0208/Asahan, Mewakili Danlanal Tanjung Balai Asahan, Mewakil Danyon 126/KC, Mewakil Kajari Asahan, Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan, OPD, Kepala BPS Kabupaten Asahan, Kakankemenag Kabupaten Asahan, Personil TNI-Polri, ASN , OKP dan Pramuka.

Upacara diawali dengan Mengheningkan Cipta, Pembacaan Teks Pancasila, yang diikuti seluruh peserta Upacara, Pembacaan Naskah Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, serta dengan Pembacaan Ikrar Hari Kesaktian Pancasila.

Usai Pelaksanaan Upacara, Kapolres Asahan AKBP Putu Yudha Prawira, SIK, MH saat dikonfirmasi menyampaikan bahwa peringatan Hari Kesaktian Pancasila merupakan momen yang tepat untuk memompa kembali semangat persatuan dan kebersamaan serta gotong royong sebagaimana nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Terlebih di masa Pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

“Pandemi Covid-19 adalah tanggung jawab bersama. Dengan persatuan saya yakin dan percaya kita bisa melewati pandemi ini dengan sehat dan selamat. Sesuai dengan tema Indonesia Tangguh Berlandaskan Pancasila.” Tegas Kapolres

Lebih lanjut Kapolres menuturkan, peringatan Hari Kesaktian Pancasila juga memiliki makna yang sangat mendalam dimana sejarah telah mencatat bahwa Pancasila tidak bisa tergantikan dengan yang lain. Pancasila merupakan dasar negara, falsafah hidup dan lambang Pemersatu bangsa Indonesia.

Sambung Kapolres Dihari peringatan ini juga “Mari kita jadikan sebagai suatu pergerakan masyarakat Kabupaten Asahan dalam menumbuhkan dan memperkuat Persatuan dan Kesatuan,” imbuhnya.

“Untuk memperkuat persatuan dan kesatuan Polres Asahan juga telah melaunching Polisi Rindu Masyarakat (PRM), dimana PRM ini bertujuan memberikan pesan-pesan Kamtibmas kepada masyarakat Kabupaten Asahan salah satunya menjauhi paham radikalisme,” tutup Kapolres Asahan AKBP Putu Yudha Prawira SIK MH. (Rel/rendi).

Pos terkait