Pimpin Apel Siaga Banjir, Plt Bupati Sulaiman: Mari Tanggulangi Banjir Demi Kemanusiaan

Beritatrends, Rohil – Pelaksana tugas (Plt) Bupati Rokan Hilir (Rohil) H.Sulaiman, SS pimpin apel kesiapsiagaan penanggulangan banjir bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah dan lintas sektor, Rabu ( 9/10/2024) di depan Kantor BPKAD Jalan Merdeka Bagansiapiapi, Rohil Provinsi Riau.

Apel diawali dengan laporan komandan apel Ipda Maradu Silaban kepada pembina apel serta dilanjutkan dengan pemeriksaan pasukan kesiapsiagaan penanganan banjir oleh Plt. Bupati Rohil H.Sulaiman didampingi Kapolres Rohil AKBP Isa Imam Syahroni, Kajari Rohil Andi Adikawira, Dandim 0321 yang diwakili Danramil 01 Bangko Kapten S. Siregar serta Kasatpol PP Syafnurizal.

“Alhamdulillah pada pagi hari ini kita dapat berkumpul dalam rangka apel kesiapsiagaan penanggulangan banjir. Semoga kita semua tetap semangat tetap kuat dalam menjalankan aktivitas ini demi rasa kemanusiaan terhadap sesama, dimana saat ini daerah kita sedang dilanda banjir yang sudah meluas,” kata H.Sulaiman.

Lanjutnya,” dari mulai tanggal 1 Oktober kemarin daerah Rohil khususnya di Kecamatan Bangko sekitarnya diguyur hujan. Karena hujan yang begitu intens menyebabkan banjir melebihi tahun sebelumnya, hal tersebut diperparah dengan datangnya hujan pada tanggal 5 Oktober kemarin,” jelasnya.

Dampak hujan deras kemarin terang Sulaiman, sampai saat ini menyebabkan ratusan rumah dan puluhan sekolah terendam air. Untuk itu, Pemkab Rohil bersama Forkopimda serta stakeholder yang ada mengadakan apel kesiapsiagaan dalam rangka penanganan banjir di wilayah Rokan Hilir.

“Dampak musibah banjir ini harus menjadi perhatian kita bersama, makanya hari ini kita adakan apel ini murni karena rasa kemanusiaan dimana saat ini banyak warga kita yang rumahnya terendam banjir. Dan ketinggian air yang merendam pemukiman warga tidak pernah terjadi sebelumnya di Kecamatan Bangko dan sekitarnya “.

Baca Juga  Pj. Bupati Landak Buka Sosialisasi Netralitas ASN pada Pilkada 2024

” Mulai hari ini mari kita bersama-sama membantu masyarakat dalam menanggulangi banjir ini, mari kita menjalani tugas ini dengan sebaik-baiknya sesuai dengan harapan masyarakat demi rasa kemanusiaan antar sesama. Mari kita berdoa semoga bencana banjir ini cepat berlalu,” harap Sulaiman.

Pada kesempatan tersebut Plt Bupati Sulaiman juga menghimbau kepada masyarakat yang daerahnya terdampak banjir untuk selalu waspada terhadap binatang berbisa serta nyamuk Malaria. Karena saat ini Rohil mengalami Keadaan Luar Biasa (KLB) malaria di daerah Kecamatan Pasir Limau Kapas.

Sulaiman juga mengucapkan terimakasih kepada Baznas Rohil yang telah membantu dalam penyaluran sembako sebagai tali asih kepada masyarakat yang terdampak banjir.

Selesai pelaksanaan apel bersama kesiapsiagaan penanggulangan banjir, Plt Bupati Rohil H.Sulaiman bersama Kapolres Rohil AKBP Isa Imam Syahroni, Kajari Rohil Andi Adikawira serta Danramil 01 Bangko Kapten Simson Siregar dan OPD terkait melakukan peninjauan banjir sekaligus bergotong royong membersihkan saluran drainase di Jalan Selamat Kelurahan Bagan Timur Kecamatan Bangko.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *