Pj. Bupati Landak Tutup Bimtek Pengelolaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial

Pj. Bupati Landak 

Beritatrends, Landak – Pj. Bupati Landak menutup bimtek pengelolaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) melalui aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation (SIKS-NG) di Aula Kecil Kantor Bupati Landak, Jumat (19/07/2024).

Pj. Bupati Landak Gutmen Nainggolan dalam sambutanya menyampaikan bahwa bimbingan DTKS adalah data induk yang berisi data Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS), penerima bantuan dan pemberdayaan sosial, serta Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS).

“Dengan ditetapkannya DTKS setiap bulan oleh Menteri Sosial, dan Daerah Kabupaten Kota melalui Pemerintah Desa sudah diberi hak Akses aplikasi SIKS-NG diharapkan DTKS dapat dikelola dengan baik sehingga menghasilkan data yang valid dan bantuan-bantuan yang diberikan oleh Pemerintah pusat dapat tersalurkan lebih tepat sasaran,” ungkapnya.

Harap menjadi perhatian para Kepala Desa, lanjut Gutmen, agar hambatan-hambatan ini segera dapat diatasi agar pengelolaan DTKS dapat berjalan sesuai yang diharapkan Pemerintah dan bantuan-bantuan sosial yang telah dikeluarkan oleh Pemerintah Pusat dapat tersalurkan tepat sasaran.

“Pemerintah Kabupaten Landak, melalui Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kabupaten Landak, telah melaksanakan Bimbingan Teknis Pengelolaan DTKS melalui SIKS-NG bagi Kepala Desa dan Operator SIKS-NG Desa se-Kabupaten Landak sebanyak 156 Desa mulai Hari Selasa 16 Juli 2024 sampai hari ini Jum’at 19 Juli 2024,” lanjutnya.

Gutmen berpesan agar jangan Bimtek ini hanya dilakukan secara seremonial saja, tapi setelah pertemuan Bimtek ini, setiap desa dapat melakukan Pengelolaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial di wilayahnya masing-masing.

“Selamat jalan dan pulang kembali ke rumah bertemu dengan keluarga dalam keadaan sehat dan selamat,” tutup Pj. Bupati Landak.

 

Baca Juga  Ratusan Karangan Bunga Ucapan Pisah Sambut Kapolres Sampang

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *